Istana Membantah Soal Viral Mobil Jokowi Nyangkut di Jalan Berlubang Lampung

Berita157 views

Inionline.id – Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin membantah kabar viral di media sosial yang memberitakan mobil Presiden Joko Widodo terjebak di jalan rusak berlubang di wilayah Provinsi Lampung.

Bey berkata yang terjadi sebenarnya bukan terjebak. Mobil presiden disebutnya berjalan pelan karena harus melewati jalan rusak.

“Enggak. Itu karena berlubang jadi pelan-pelan,” kata Bey saat dikonfirmasi.

“Tidak nyangkut sama sekali,” imbuh dia.

Sebelumnya, video yang memperlihatkan mobil Jokowi diduga terjebak di lubang jalan wilayah Lampung Selatan rusak itu viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, Jokowi sempat hampir turun dari mobil usai mobilnya terjebak di jalan rusak. Aksi Jokowi yang sudah membuka pintu untuk melihat ban mobil yang terjebak dan sempat berbicara dengan Paspampres yang ikut mengawal membuat warga riuh. Warga juga sempat memanggil Jokowi.

“Waduh pak, nyangkut itu mobilnya pak, dorong-dorong. Apalagi kita pak setiap hari lewat sini,” teriak warga dalam video.

Mobil kepresidenan yang ditumpangi Jokowi yakni Mobil Mercedes-Benz S 600 Guard itu menyusuri sejumlah jalan dalam kunjungan di Lampung. Salah satu jalan yang dilalui adalah Jalan Terusan Ryacudu di Lampung Selatan.

Kendaraan tersebut tak bisa berjalan cepat di jalan sepanjang sekitar 7 meter itu. Hal itu disebabkan hanya separuh dari jalan tersebut yang telah teraspal. Separuh jalan hancur dan dipenuhi batu kerikil. Lubang pun tersebar di hampir setiap meter jalan.

Meski cuaca di Lampung Selatan sedang terik, lubang di Jalan Terusan Ryacudu itu digenangi air. Mobil Jokowi terlihat berhenti sejenak di setiap menghadapi lubang tersebut. Jokowi tampak duduk tenang di kursi belakang mobil. Motor dan mobil Paspampres mengawal dengan jalan perlahan di jalanan rusak.

Sebelumnya, Jokowi meninjau sejumlah jalan rusak saat berkunjung ke Provinsi Lampung. Ia menindaklanjuti keluhan warga yang ramai di TikTok.

Jalan pertama yang dicek Jokowi adalah Jalan Purwotani arah Kota Baru di Lampung Selatan. Ia akan menghampiri jalanan itu sekitar pukul 10.25 WIB. Jalan tersebut sebut mengarah ke Kota Baru. Ada jalan rusak di antara gerbang keluar Tol Itera dengan Kota Baru. Jalan beton mulus hanya terdapat di 500 meter pertama setelah gerbang tol.

Setelah salat Jumat dan makan siang, Jokowi melanjutkan peninjauan jalan rusak ke Lampung Tengah. Ia menggunakan helikopter dari Lampung Selatan ke Lampung Tengah. Jokowi dijadwalkan meninjau Jalan Kecamatan Rumbia pada pukul 14.25 WIB. Setelah itu, ia bertolak ke Helipad Lapangan Sido Binangun Simpang Randu.

Rombongan kepresidenan akan menuju ke Bandara Radin Intan II. Jokowi menggunakan pesawat kepresidenan untuk kembali ke Jakarta pada sore hari.