Ini Penyebabnya Alergi Makanan Baru Muncul saat Dewasa

Kesehatan957 views

Inionline.id – Alergi pada makanan tertentu biasanya dialami oleh seseorang sejak usia muda dan terus terjadi hingga dewasa atau tua. Walau begitu, pada sejumlah orang, masalah alergi ini juga bisa muncul ketika mereka sudah berusia dewasa.

Alergi sendiri merupakan reaksi berlebih dari sistem kekebalan tubuh terhadap senyawa tak berbahaya atau pada kondisi alergi dikenal sebagai alergen. Efek alergi ini biasanya dipicu oleh berbagai hal terutama dari makanan yang dikonsumsi.

Alergi yang muncul di usia dewasa ini bisa terjadi pada rentang usia berapa saja. Kondisi ini bisa saja sudah muncul sejak usia 20-an, atau bahkan pada saat seseorang sudah lansia di usia 70an atau 80an.

Dilansir dari Verywell Health, alergi yang baru muncul di usia dewasa ini sebenarnya bukanlah hal yang jarang terjadi. Berdasar penelitian yang dipublikasikan di tahun 2019, diketahui bahwa sekitar setengah dari orang dewasa yang memiliki alergi makanan ternyata baru mengalaminya di usia dewasa.

Salah satu hal yang menyebalkan dari munculnya alergi di usia dewasa ini adalah kondisi tak terprediksi yang bisa terjadi. Bisa saja seumur hidupmu hingga sekarang kamu tidak memiliki alergi, namun esok hari saat terbangun tiba-tiba kamu memiliki alergi makanan tertentu.

Penyebab Munculnya Alergi

Hingga saat ini, peneliti belum mengetahui secara pasti penyebab munculnya alergi di usia dewasa. Walau begitu, terdapat sejumlah hal yang mungkin bisa jadi penyebabnya:

Riwayat Keluarga

Seseorang dengan riwayat keluarga yang memiliki alergi cenderung bisa mengalaminya pada usia dewasa. Sebagai contoh, jika orangtuamu memiliki alergi pada kerang, maka mungkin kamu juga tiba-tiba mengalaminya di usia dewasa.

Paparan yang Sedikit di Usia Kecil

Beberapa orang sejak kecil dibesarkan di lingkungan yang terlalu bersih sehingga mereka kurang terpapar pada kuman atau hal tertentu yang sebenarnya umum dan mudah dijumpai. Kondisi ini bisa membuat tubuh bereaksi secara berlebih ketika pada akhirnya terpapar senyawa ini sehingga memunculkan alergi.

Penggunaan Antibiotik Berlebih di Usia Kecil

Sejumlah penelitian mengatakan bahwa penggunaan antibiotik secara berlebih pada saat anak-anak bisa menyebabkan risiko munculnya alergi ini. Kondisi yang terjadi di usia balita ini bisa menyebabkan munculnya alergi sejak anak-anak atau baru muncul saat dewasa.

Pindah ke Tempat Baru

Pindah ke tempat baru juga bisa menjadi penyebab munculnya alergi di usia dewasa ini. Hal ini bisa menyebabkan kamu baru terpapar pada alergen baru yang belum kamu kenal sebelumnya.

Stress

Tanpa Disadari, stres juga bisa menjadi penyebab munculnya reaksi alergi ketika dewasa. Hal ini kerap kurang disadari hingga masalah kesehatan ini memburuk.

Sejumlah hal ini bisa menjadi penyebab munculnya masalah alergi saat usia dewasa. Menghindari diri dari alergen serta menjaga sistem imun tubuh bisa sangat membantu dalam mencegah dan mengatasi masalah ini.