Ini Pentingnya untuk Segera Mandi setelah Kehujanan

Kesehatan057 views

Inionline.id – Cuaca ekstrem yang terjadi belakanganan ini menyebabkan hujan deras bisa tiba-tiba turun setelah beberapa hari yang cerah. Kondisi ini menyebabkan banyak orang tidak menyiapkan mantel atau payung sehingga akhirnya mereka kehujanan.

Ketika kita kehujanan, tubuh kita terkena air hujan yang dapat mengandung kotoran, debu, dan partikel lainnya dari atmosfer. Selain itu, tubuh yang basah kuyup juga tidak ideal untuk digunakan beraktivitas.

Jika kita tidak segera mandi setelah kehujanan, kotoran dan partikel tersebut dapat menempel pada kulit dan pori-pori kita, yang dapat menyebabkan iritasi kulit, ruam, atau infeksi bakteri. Masuk angin juga mungkin terjadi pada badan dan pakaian yang basah.

Pada air hujan, juga mungkin terkadung bahan kimia seperti polutan dan asam dari polusi udara, terutama di daerah perkotaan. Bahan kimia tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit, keringat berlebihan, atau bahkan masalah pernapasan jika terhirup dalam jangka waktu yang lama.

Mandi setelah kehujanan juga dapat membantu untuk menjaga kebersihan diri dan kesehatan tubuh secara umum. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah alasan mengapa penting untuk mandi setelah kehujanan.

Membersihkan Kotoran dan Partikel dari Kulit

Saat kehujanan, partikel seperti debu, kotoran, dan polutan dapat menempel pada kulit kita. Jika tidak segera dibersihkan, partikel-partikel tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan masalah kulit seperti ruam, jerawat, atau iritasi.

Menghilangkan Bakteri dan Virus

Air hujan juga dapat membawa bakteri dan virus yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit dan tubuh kita. Dengan mandi setelah kehujanan, kita dapat membersihkan bakteri dan virus tersebut dari tubuh dan mengurangi risiko infeksi.

Mencegah Bau Tak Sedap

Kehujanan dapat membuat tubuh kita lembap yang merupakan tempat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau tak sedap. Mandi setelah kehujanan dapat membantu menghilangkan kelembaban pada tubuh dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Menjaga Kesehatan Kulit

Mandi setelah kehujanan juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit kita. Air hujan dapat membuat kulit menjadi kering dan kasar, sehingga mandi dapat membantu melembabkan kulit dan menjaga kebersihannya.

Menenangkan Tubuh dan Pikiran

Terkena hujan dapat membuat kita merasa lelah dan lesu. Mandi setelah kehujanan dapat membantu merelaksasi tubuh dan pikiran, sehingga membuat kita lebih segar dan bertenaga.

Mencegah Masuk Angin

Mandi air hangat setelah kehujanan bisa menjadi cara mencegah masuk angin. Setelah kehujanan, suhu tubuh kita akan menurun. Mandi air hangat bisa membantu meningkatkan lagi suhu tubuh dan mencegah sejumlah masalah kesehatan termasuk masuk angin.

Segera mandi setelah kehujanan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Pastikan untuk melakukannya karena bisa mencegah tubuh dari sejumlah masalah kesehatan yang mungkin muncul.