Ini 7 Cara Cegah Cedera yang Rentan Dialami saat Olahraga Sehari-hari

Kesehatan957 views

Inionline.id – Pada saat berolahraga sehari-hari, sejumlah masalah rentan kita alami. Salah satu permasalahan yang rentan terjadi ini adalah munculnya cedera saat berolahraga.

Terjadinya cedera saat berolahraga bisa membuat upayamu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran menjadi terkendala. Lebih lanjut, hal ini juga bisa membuatmu merasa kesakitan dan permasalahan dalam beraktivtias sehari-hari.

Mencegah cedera ini sebelum terjadi merupakan hal yang penting dilakukan sebelum masalah ini menjadi parah. Oleh karena itu, sebelum dan sesudah berolahraga, terdapat hal yang penting untuk kita lakukan dan perhatikan.

Sejumlah hal bisa menjadi pencegah munculnya cedera akibat berolahraga ini. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara yang pelu dilakukan untuk mencegah munculnya cedera.

Lakukan Pemanasan

Pemanasan sebelum berolahraga bisa membantu mencegah cedera karena meningkatkan aliran darah ke otot dan menurunkan ketegangan otot. Melakukan pemanasan yang tepat dengan kardio dingan merupakan cara pemanasan yang tepat.

Berolahraga dengan Form yang Tepat

Form yang tepat ketika berolahraga bisa mencegah munculnya cedera dengan cara menurunkan tekanan pada sendi dan otot. Untuk mengetahui form yang tepat, kamu bisa berkonsultasi dengan personal trainer terlebih dahulu untuk mencegah munculnya cedera.

Gunakan Sepatu yang Tepat

Pastikan untuk menggunakan sepatu yang tepat baik secara ukuran maupun kegunaan. Sepatu dengan ukuran dan bentuk yang tepat bisa menopang kaki dengan tepat serta mencegah munculnya cedera.

Tingkatkan Intensitas Olahraga secara Perlahan

Pastikan untuk menghindari peningkatan intensitas olahraga secara drastis karena hal ini justru bisa memicu munculnya cedera. Disarankan untuk meningkatkan intensitas atau durasi olahraga secara perlahan untuk memaksimalkan olahragamu dan menurunkan risiko cedera.

Pendinginan dan Peregangan setelah Olahraga

Peregangan statis setelah berolahraga bisa menurunkan risiko cedera seperti kram dan terkilir. Hal ini juga bisa mendinginkan tubuh yang sebelumnya panas dan intens saat berolahraga.

Buat Jadwal Istirahat

Adanya hari istirahat dari olahraga merupakan waktu yang penting bagi otot untuk memulihkan diri dan mencegah cedera akibat aktivitas berlebih. Pastikan untuk menjadwalkannya secara teratur serta hindari memforsir olahraga pada bagian otot yang sama selama dua hari berturut-turut.

Cukup Minum Air

Cukup minum air merupakan hal yang penting bagi kesehatan kita secara keseluruhan termasuk dalam mencegah cedera. Pastikan untuk minum cukup air sebelum, saat, serta sesudah berolahraga untuk mencegah risiko kram otot dan cedera lainnya.

Sejumlah cara tersebut bisa membantu dalam mencegah munculnya cedera saat berolahraga. Mencegah cedera saat berolahraga merupakan hal yang penting terutama untuk mengoptimalkan olahraga yang kamu lakukan.