Ini 5 Tips agar Ikan Patin Tidak Bau Amis

Inionline.id – Mencari cara agar ikan patin tidak amis saat dimasak dapat menjadi tantangan bagi para pecinta masakan ikan. Apalagi, bau amis sering kali mengurangi selera makan.

Untungnya, Anda masih bisa menghilangkan bau amis pada ikan patin dengan cara-cara sederhana dan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur.

Tips agar Ikan Patin Tidak Bau Amis

Sajian ikan patin bumbu kuning (YouTube/Masak yuk)

Cobalah beberapa tips berikut jika ingin menghilangkan bau amis pada olahan ikan patin.

1. Pilih ikan patin yang segar

Bau amis pada ikan patin sebenarnya merupakan hal yang wajar. Namun, bau tersebut umumnya akan semakin menyengat pada ikan dengan kualitas buruk. Oleh karena itu, penting untuk memilih ikan yang masih segar.

Anda bisa menilai ikan patin segar dengan melihat bagian sisiknya. Jangan sampai banyak sisik yang copot dan berwarna gelap.

Selain itu, lihatlah pada bagian matanya. Ikan segar akan memiliki warna yang jernih. Daging ikan segar juga akan terasa kenyal saat ditekan.

2. Rendam dengan air bersih

Selain bau amis, ikan patin juga dikenal dengan bau lumpur. Pasalnya, ikan ini merupakan jenis ikan air tawar.

Untuk menghilangkan bau tersebut, Anda bisa merendam ikan patin yang masih hidup ke dalam air bersih terlebih dahulu. Diamkan setidaknya selama dua jam, maka bau tersebut akan hilang dengan sendirinya.

3. Rendam dengan air jeruk limau

Tips agar ikan patin tidak bau amis selanjutnya adalah merendamnya menggunakan air jeruk limau. Cara ini bisa Anda gunakan jika Anda membeli ikan patin dalam keadaan mati.

Namun sebelum itu, pastikan Anda telah membersihkan bagian perut ikan terlebih dahulu. Setelah itu, rendam ikan patin yang sudah dibersihkan dengan air limau.

Setelah direndam, jangan lupa untuk mencuci ikan dengan air mengalir atau gunakan abu gosok supaya rasa asam dari jeruk limau menghilang.

4. Gunakan mentimun

Selain air perasan jeruk, mentimun juga bisa dijadikan tips agar ikan patin tidak lagi meninggalkan bau amis.

Caranya juga cukup mudah. Remas-remas ikan patin dengan timun. Jangan lupa untuk menggosokkan timun ke dalam perut yang sudah dibersihkan.

5. Marinasi ikan patin

Supaya bau amis ikan patin tidak lagi tercium saat Anda mengolahnya tentu saja Anda perlu memarinasi ikan terlebih dahulu.

Setelah ikan dicuci dan dipotong-potong, Anda bisa marinasi ikan patin dengan garam dan lada atau rempah-rempah lainnya.

Sesuaikan bumbu marinasi dengan olahan yang akan Anda buat. Jika ingin menjadikannya bumbu kuning, Anda membutuhkan rempah-rempah saat marinasi.