Dewan Asep Arwin Kotsara Dorong Gas Rawa diteliti Lebih Dalam Oleh Pemprov Jawa Barat

Antar Daerah1057 views

Bandung, Inionline.id – Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Asep Arwin Kotsara mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meneliti lebih dalam soal Energi Baru Terbarukan (EBT) yang bersumber dari gas rawa.

Data ini diperoleh Asep Arwin kala berkunjung ke Provinsi Jawa Tengah pada Selasa 9 Mei 2023 hingga 11 Mei 2023.

“Di Jawa Tengah awalnya ada kejadian, masyarakat menyampaikan suka melihat ada rawa-rawa yang air tiba-tiba nyala apinya, ini mistik nih, ini aneh nih, ajaib nih kalau buat orang yang kurang paham ilmunya opininya seperti itu,” ujarnya kepada awak media, Rabu (17/05/2023).

Nyatanya ketika diteliti, rawa tersebut mengeluarkan gas metan yang merupakan sumber energi.

“Penelitian terhadap sumber gas metan ini di Jawa Tengah sudah dilakukan di berapa titik dan potensi energi itu cukup sampai puluhan tahun,” ungkapnya.

Legislator daerah pemilihan Kota Depok-Bekasi ini menambahkan, akan mendorong Komisi IV DPRD Jabar terlebih dahulu untuk mengunjungi sumber-sumber gas metan di Jawa Tengah guna pendalaman informasi yang lebih jelas.

“Selain gas metan yang ada di rawa, Jawa Tengah memiliki 2 lagi sumber EBT yang bisa dijadikan percontohan, pertama TLTS Rooftop atau panel surya, yang kedua adalah bio gas,” tuturnya.

“TLTS Rooftop sudah banyak dipasang di atap-atap sekolah-sekolah negeri hingga pesantren Jawa Tengah,” tukasnya.

Dalam hal ini Asep Arwin juga mempertanyakan keseriusan dan keberpihakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil soal EBT di tanah pasundan.

“Saya bilang, balik lagi keberpihakan anggaran sekarang, coba cek dana yang diterima SD itu paling minim di Jawa Barat, parah sekali,” pungkasnya.