Demo Hardiknas di Makassar Dibubarkan Polisi, 7 Mahasiswa Ditangkap

Antar Daerah957 views

Inionline.id – Aksi unjuk rasa memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Makassar, Sulawesi Selatan, dibubarkan petugas kepolisian lantaran telah melewati batas waktu untuk menyampaikan pendapat di depan umum. Tujuh pedemo yang juga terdapat mahasiswa diamankan petugas.

Demonstrasi mahasiswa berlangsung di Jalan Sultan Alauddin yang berlangsung sejak pukul 15.30 WITA. Mereka melakukan aksi unjuk rasa dengan memblokade jalan yang menghubungkan Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa. Sehingga terjadi kemacetan panjang hingga ke Jalan AP Pettarani.

Pihak kepolisian sempat mencoba bernegosiasi dengan pihak mahasiswa namun hal itu tidak membuahkan hasil. Kemudian pada pukul 18.30 WITA, petugas langsung melakukan tindakan tegas dengan membubarkan para demonstran.

“Waktunya sudah habis, jadi kita bubarkan. Mereka menutup jalan dan mengganggu masyarakat,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Ridwan Hutagaol, Selasa (2/5).

Ridwan menyebutkan bahwa sekitar tujuh orang mahasiswa diduga sebagai provokator langsung diamankan dan akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

“Yang diamankan sekitar tujuh orang, kita akan bawa ke kantor dan lakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Kemudian para pendemo yang diamankan petugas kepolisian, kata Ridwan, akan dibawa ke Mako Brimob Polda Sulsel untuk dilakukan pendataan.

“Kita lihat nanti apa mereka mempunyai surat pemberitahuan aksinya kita akan cek lagi,” imbuhnya.

Situasi di Jalan Sultan Alauddin saat ini sudah dapat dilalui pengendara yang sejak sore hingga malam terjebak kemacetan yang cukup panjang.