Soal Koster Tolak Israel di World Beach Games Presiden Jokowi Enggan Berkomentar

Berita157 views

Inionline.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) enggan mengomentari sikap Gubernur Bali I Wayan Koster menolak kontingen Israel dalam ANOC World Beach Games.

Jokowi mengaku belum mendengar hal itu. Ia pun tak mau berkomentar lebih jauh mengenai hal itu.

“Saya belum dapat laporan. Saya belum dapat laporan,” kata Jokowi kepada wartawan di Tuban, Jawa Timur, Kamis (6/4) dikutip dari akun Youtube Sekretariat Presiden.

Sebelumnya, Koster kembali menyatakan penolakan terhadap kehadiran perwakilan Israel di Indonesia. Ia menolak kontingen Israel hadir di Bali pada ANOC World Beach Games yang digelar 5-12 Agustus.

“Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang,” kata Koster kepada awak media di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Rabu (5/4).

Penolakan ini serupa dengan sikap Koster terhadap kehadiran Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 di Indonesia. Diduga sikap Koster dan juga penolakan-penolakna dari elemen lain itu jadi salah satu pendorong FIFA mencabut status tuan rumah Piala Dunia U-20 yang sejatinya digelar pada Mei mendatang dari Indonesia.

Belakangan, Menpora yang baru dilantik Jokowi, Dito Ariotedjo mengatakan akan menemui Koster terkait hal itu. Ia tak ingin kejadian Piala Dunia U-20 terulang kembali.

“Saya akan temui Pak Gubernur, koordinasi, cari titik tengah yang terbaik, agar bangsa kita tak dipermalukan lagi,” ucap Dito.