Resep Biji Ketapang Renyah dan Tidak Mudah Melempem

Inionline.id – Dengan tekstur luar yang renyah dan bagian dalam yang lembut, kue biji ketapang kerap dijadikan salah satu pilihan kue Lebaran. Rasanya yang gurih dan tidak terlalu manis membuat siapa pun susah berhenti mengunyah saat sudah mencobanya. Dapatkan resep biji ketapang untuk Lebaran di sini.

Camilan sederhana dari bahan tepun terigu ini sebenarnya berasal dari Betawi. Namun, saat ini kue biji ketapang sudah dapat dengan mudah ditemukan di wilayah lain. Anda juga bisa membuat sendiri biji ketapang di rumah karena cara membuatnya terbilang mudah.

Tertarik untuk membuat kue biji ketapang sendiri? Ikuti resep berikut.

Biji Ketapang. (Cookpad)

Resep Biji Ketapang Tidak Mudah Hancur

Mengutip dari kanal YouTube Dapur Nana’s, berikut adalah resep kue biji ketapang super renyah yang bisa Anda coba.

Bahan

  • 500 gr (50 sdm) tepung terigu
  • 150 gr (10 sdm) gula pasir
  • 100 gr (½ sachet) margarin
  • 2 butir telur
  • 30 ml santan kara
  • 1/2 sdt garam
  • 1 bungkus vanili bubuk

Cara membuat kue biji ketapang yang renyah

  1. Pertama, campurkan margarin dengan gula pasir, garam, dan vanili bubuk. Campur semua bahan menjadi satu. Pastikan tidak ada gula yang menggumpal.
  2. Berikutnya, masukkan telur lalu aduk kembali sampai adonan tadi larut dengan telur.
  3. Setelah itu, masukkan tepung terigu. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur dan tidak ada bagian yang menggumpal. Supaya adonan cepat kalis, uleni dengan tangan.
  4. Selanjutnya, masukkan santan lalu campurkan adonan kembali. Masukkan santan sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan. Setelah dicampur santan, adonan akan menjadi lebih halus dan mudah dibentuk.
  5. Berikutnya, siapkan wadah yang sudah ditaburi tepung.
  6. Ambil sedikit adonan lalu gulung memanjang. Lakukan sampai semua adonan habis.
  7. Setelah itu, ambil adonan yang sudah digulung lalu gunting menyerong. Tempatkan pada wadah yang sudah ditaburi tepung. Gunting sesuai selera.
  8. Selanjutnya, panaskan minyak secukupnya.
  9. Jika minyak sudah panas, masukkan biji ketapang. Jangan langsung diaduk karena kue ketapang akan mudah hancur. Aduk biji ketapang saat sudah berbuih. Masak dengan api kecil.
  10. Jika warna kue biji ketapang sudah berubah menjadi kecoklatan, angkat lalu tiriskan. Lakukan sampai semua adonan biji ketapang habis.
  11. Kue biji ketapang siap disajikan.

Itulah resep biji ketapang untuk Lebaran. Selamat mencoba!