Polres Depok Siapkan Program Titip Rumah untuk Warga yang akan Mudik Lebaran

Antar Daerah357 views

Inionline.id – Bagi warga yang akan mudik Lebaran Polres Metro Depok menyiapkan program ‘Titip Rumah’. Rumah-rumah warga yang akan ditinggal mudik Lebaran akan dipatroli polisi.

“Kita sudah siapkan itu (program Titip Rumah), sesuai perintah Kapolda. Jadi kita akan betul-betul amankan rumah warga yang mudik Lebaran,” ujar Kapolres Metro Depok Kombes Ahmad Fuady, Sabtu (8/4/2023).

Pihak RT/RW diharapkan mendata warganya yang akan mudik Lebaran. Data tersebut nantinya disampaikan kepada Bhabinkamtibmas setempat dan diteruskan ke polsek setempat.

Adanya data warga yang mudik memudahkan polisi melakukan pengawasan dan patroli. Nantinya patroli akan lebih diintensifkan ke perumahan penduduk yang ditinggal mudik, selain patroli wilayah rutin yang ditingkatkan.

“Gunanya nanti untuk kita patroli lebih intens di situ. Data yang dikasih RT/RW, nanti Bhabinkamtibmas lebih memonitor, lebih memperhatikan hal itu,” katanya.

Selain itu, Polres Metro Depok akan memberdayakan siskamling. Pengamanan swakarsa di lingkungan perumahan diharapkan digalakkan kembali untuk sama-sama meningkatkan pengamanan terutama musim mudik Lebaran.

Lebih lanjut Kombes Ahmad Fuady berpesan kepada masyarakat yang mudik agar tidak meninggalkan barang berharga seperti perhiasan di dalam rumah ketika mudik lebaran. Sebelum bepergian, masyarakat diimbau memperhatikan kelistrikan agar terhindar dari kebakaran.

Untuk memastikan keamanan warga pada musim mudik Lebaran, Polres Metro Depok akan melaksanakan patroli skala besar. Patroli akan menjangkau lokasi rawan kejahatan.