Mayoritas Arah Bandung-Jawa, 494 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek,

Antar Daerah457 views

Inionline.id – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 494.091 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 hingga H-5 Hari Raya Idulfitri atau pada Sabtu (14/4) hingga Senin (17/4).

Jumlah ini merupakan angka kumulatif dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier atau Utama. Yakni GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

“Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat 21,84 persen jika dibandingkan lalin normal dari 405.518 kendaraan,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Lisye Octaviana dalam keterangannya, Selasa (18/4).

Dari jumlah itu, mayoritas atau sebanyak 260.077 kendaraan menuju ke arah timur yakni Tol Trans Jawa dan Bandung. Rinciannya, 168.443 kendaraan melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan 91.634 kendaraan melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang.

Kemudian, sebanyak 136.252 kendaraan tercatat meninggalkan Jabodetabek menuju arah barat Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak.

Lalu, juga tercatat ada sebanyak 97.762 kendaraan yang menuju arah selatan atau Puncak) melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi.

Jasa Marga turut mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan untuk menghindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik.

“Serta hindari perjalanan di waktu favorit, seperti sehabis waktu sahur atau berbuka puasa. Patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol. Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area dan selalu menerapkan protokol kesehatan,” pungkas Lisye.