Ini 7 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Konsumsi Ikan Kembung

Kesehatan757 views

Inionline.id – Salah satu ikan khas Indonesia dengan harga yang murah namun manfaat kesehatan yang luar biasa adalah ikan kembung. Ikan ini memiliki manfaat yang tak kalah dengan ikan salmon namun dengan harga yang cukup miring.

Ikan kembung memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Terdapat kandungan protein yang tinggi dari ikan ini sehingga baik untuk membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Selain itu, ikan kembung juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, serta meningkatkan fungsi otak. Kandungan vitamin B12 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan membantu produksi sel darah merah juga ada di ikan kembung.

Ikan kembung juga mengandung vitamin D yang berperan dalam membantu penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh, sehingga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, ikan kembung juga mengandung zat besi, magnesium, dan fosfor yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dengan berbagai kandungan sehat tersebut, berikut sejumlah manfaat sehat yang bisa diperoleh dari konsumsi ikan kembung.

Sumber Protein

Ikan kembung mengandung protein yang tinggi di dalamnya. Tingginya kandungan ini menjadikan ikan kembung sebagai sumber makanan yang baik untuk memperkuat otot dan jaringan tubuh.

Sumber Vitamin dan Mineral

Ikan kembung kaya dengan kandungan vitamin B6, B12, dan D, serta mineral seperti selenium dan fosfor. Vitamin dan mineral ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, kulit, dan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ikan kembung mengandung asam lemak omega-3 yang membantu menjaga kesehatan jantung. Omega-3 dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Omega-3 yang terdapat dalam ikan kembung juga berperan penting dalam meningkatkan kesehatan otak. Asam lemak ini dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

Mencegah Anemia

Ikan kembung kaya dengan zat besi di dalamnya. Zat besi dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah. Konsumsi ikan kembung dapat membantu mencegah anemia atau kekurangan zat besi.

Meningkatkan Produksi ASI

Konsumsi ikan kembung oleh ibu menyusui dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Manfaat ini bisa diperoleh karena kandungan omega-3 dan vitamin D yang tinggi.

Menjaga Kesehatan Mata

Ikan kembung mengandung vitamin A yang tinggi di dalamnya. Kandungan ini baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya gangguan penglihatan.

Mengonsumsi lebih banyak ikan bisa sangat bermanfaat bagi kita. Oleh karena itu, mengonsumsi berbagai jenis ikan termasuk ikan kembung bisa menjadi pilihan yang menyehatkan bagi tubuh dan mengeyangkan bagi perut.