Dito Ariotedjo Resmi Menjabat Menpora di Usai 32 Tahun Setelah Dilantik Presiden Jokowi

Berita157 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo resmi melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Politikus muda Golkar ini menggantikan Zainudin Amali yang mengundurkan diri.

Pelantikan Menpora digelar secara bersamaan dengan pelantikan Kepala BNPT di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/4) sore.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama membacakan keputusan Presiden RI nomor 26/P tahun 2023 tentang pengangkatan Menpora. Keputusan tersebut ditetapkan pada 3 April 2023.

“Presiden RI mengangkat saudara Ario Bimo Nandito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode 2019-2024,” ujarnya.

Kemudian, Presiden Joko Widodo memandu Dito mengucapkan sumpah jabatan bersama juga dengan Kepala BNPT.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya, akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh penuh rasa tanggung jawab,” kata Dito dipandu Jokowi.

Selanjutnya Dito bersama Presiden Jokowi menandatangani berita acara pelantikannya sebagai Menpora.

Diberitakan sebelumnya, Zainudin Amali mengantarkan surat pengunduran dirinya kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Pagi ini saya baru saja ketemu dengan Pak Mensesneg, saya mengantarkan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi sebagai menteri pemuda dan olahraga,” kata Amali di kompleks Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (9/3).

Amali akan menemui Presiden Jokowi Senin pekan depan terkait pengunduran dirinya. Nantinya, kepala negara yang akan memutuskan.

“Itu masih berupa surat memang saya harus ketemu Bapak Presiden, beliau sekarang tidak ada maka kemungkinan saya dijadwalkan hari Senin akan bertemu dengan Pak Presiden,” kata Amali.

“Tinggal tunggu saja, kan keputusannya ada di bapak presiden, bukan di saya,” sambungnya.

Amali mengaku akan fokus mengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ke depannya. Menurutnya, tidak etis seorang Menpora mengurus satu cabang olahraga saja. Maka dari itu, dia memilih untuk mundur untuk membenahi sepak bola Indonesia.