Bahas Dinamika Usai Ganjar Capres, Jokowi-Iriana Sowan ke Rumah Mega

Politik357 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama ibu negara, Iriana, berkunjung ke kediaman Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/4).

Jokowi tampak mengenakan batik panjang berwarna cokelat dengan setelan celana panjang hitam. Sementara Iriana memakai pakaian serba ungu.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyebut pertemuan ketiganya berlangsung selama satu jam dalam suasana yang akrab. Menurutnya, Mega, Jokowi, dan Iriana membahas soal dinamika politik pasca pengumuman Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PDIP.

“Meski suasana Lebaran, kedua pemimpin tersebut berada dalam suasana yang akrab, juga berbincang-bincang mengenai dinamika politik pasca penetapan capres Ganjar Pranowo. Semua nampak bergembira,” kata Hasto dalam keterangannya, Kamis.

Hasto menyebut kunjungan Jokowi dan Iriana tersebut merupakan silaturahmi dan halalbihal di tengah suasana Idul Fitri 1444 Hijriah. Tradisi halalbihalal, lanjut Hasto, merupakan peringatan Idulfitri yang sangat khas Indonesia.

Ia menerangkan halalbihalal merupakan upaya yang digagas Presiden Pertama RI Sukarno bersama dengan Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Abdul Wahab pada 1948.

Halalbihalal menurutnya merupakan upaya mempererat persatuan dan persaudaraan. Semangat itu menurut Hasto sangat tampak dan terasa di dalam pertemuan antara Megawati dengan Jokowi dan Iriana hari ini.

“Saling maaf memaafkan, saling bersilaturahmi dan membangun semangat persaudaraan. Sebuah teladan baik bagi seluruh umat manusia pada umumnya dan rakyat Indonesia pada khususnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Megawati mengumumkan Ganjar sebagai calon presiden dari PDIP di kediaman keluarga Bung Karnp, Rumah Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4). Saat pengumuman itu, Megawati secara simbolis memakaikan peci kepada Ganjar.

Kemudian, pada Rabu (26/4), dukungan untuk Ganjar sebagai capres pun bertambah dari PPP.