Selama Puasa Ramadan ini Cara Ampuh Menjaga Kondisi Tubuh Tetap Sehat

Kesehatan457 views

Inionline.id – Bulan Ramadan sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Mereka menjalani ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Selama berpuasa, penting bagi seseorang untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap sehat.

Saat berpuasa, seseorang tidak akan makan dan minum selama kurang lebih 12 jam. Hal tersebut tidak hanya merubah pola makan, tetapi juga pola istirahat. Akibatnya, akan berdampak pada kondisi fisik seseorang.

Jika tidak memperhatikan kebutuhan gizi, nutrisi, dan waktu istirahat, maka akan terjadi gangguan pada kesehatan tubuh seseorang.

Selama menjalani ibadah puasa, tubuh akan mengalami penurunan kesehatan. Hal tersebut dapat mengganggu kegiatan ibadah yang dilakukan. Selain itu, berpuasa dalam kondisi yang tidak sehat akan menyulitkan aktivitas.

Agar kondisi tubuh tetap sehat selama menjalani ibadah puasa, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara-cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat selama berpuasa:

1. Menjaga Pola Makan Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Dokter Spesialis Gizi Klinis dr Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM menyarankan, agar umat muslim mengatur pola makan selama berpuasa di bulan Ramadan, agar tetap mendapatkan manfaat kesehatan dari berpuasa.

“Karena seharusnya kita mendapatkan benefit untuk kesehatan jauh lebih besar dari menjalankan puasa Ramadhan, jadi pola makannya bisa lebih terjaga,” ujar Marya beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa harus diperhatikan, agar tidak terjadi gangguan pencernaan.

Sahur berperan penting untuk menjaga stamina tubuh saat berpuasa selama kurang lebih 12 jam. Saat sahur, perbanyak makanan yang tinggi serat, seperti buah dan sayur. Agar tidak terjadi gangguan pencernaan.

Saat berbuka puasa, konsumsi makanan secukupnya. Mulailah dengan minum air putih dan sedikit mengkonsumsi makanan yang manis. Jika langsung mengkonsumsi makanan yang banyak, hal itu akan menyebabkan perut sesak.

2. Menjaga Pola Tidur

Agar tubuh tetap fit saat berpuasa, istirahat lah yang cukup. Hindari kegiatan atau aktivitas yang tidak terlalu penting pada malam hari, agar tidur lebih cepat dan bangun dengan kondisi yang segar saat sahur.

3. Melakukan Olahraga Ringan

Saat berpuasa, bukan berarti waktunya untuk bermalas-malasan. Olahraga merupakan aktivitas yang penting agar tetap menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Olahraga ringan bisa dilakukan saat puasa, seperti yoga, jalan santai dan sebagainya.

4. Memenuhi Cairan Tubuh

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengakibatkan dehidrasi. Selama berpuasa, penuhi cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Hal itu dapat dibagi menjadi dua waktu, yaitu empat gelas saat sahur dan empat gelas saat waktu berbuka.

5. Menghindari Makanan Berlemak

Saat puasa, banyak masyarakat yang tidak memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kurangin makanan berlemak selama berpuasa, karena makanan yang berlemak mengandung lemak dan gula yang tinggi. Hal itu mengakibatkan rasa lapar datang lebih cepat.