Resep Es Lumut untuk Takjil yang Cocok Menjadi Ide Jualan di Bulan Ramadan

Inionline.id – Buka puasa Ramadan paling enak jika ditemani sajian yang manis-manis dan segar. Biasanya akan ada kolak sebagai makanan pembuka. Bisa juga es buah segar. Nah, kali ini, bagaimana kalau kamu coba resep es lumut untuk takjil?

Resep ini dirangkum dari video berjudul CUKUP DIADUK BISA UNTUNG BERLIPAT JUALAN INI! MINUMAN KEKINIAN YANG LAGI VIRAL SETIKTOK ES LUMUT! di kanal YouTube wulandari dr. Yuk, simak!

Resep Es Lumut yang Viral di Tiktok

Bahan

  • 3 bungkus Nutrijell ukuran 10 gram (jika pakai yang besar, pakai 2 saja)
  • Bahan pewarna makanan, warna sesuai selera
  • Gula pasir
  • Es batu
  • Susu

Cara Membuat Es Lumut

  1. Siapkan satu buah panci yang lumayan agak besar
  2. Masukkan tiga bungkusnutrijel yang sudah kamu pilih ke dalam panci. Untuk rasanya bebas, kamu bisa memilih rasa coklat kurma ataupun yang lain.
  3. Tambahkan air sesuai dengan petunjuk kemasan yaitu 400 ml per kemasan. Jadi, totalnya sekitar 1200 ml.
  4. Selanjutnya. tambahkan pewarna makanan merah sesuai selera. Jika ingin ingin melihat warnanya menjadi merah muda, berikan pewarna sedikit saja.
  5. Setelahnya, harus segera aduk-aduk hingga tercampur rata.
  6. Tambahkan gula pasir, aduk terus supaya tidak menggumpal. Gunakan api sedang saat proses ini. Lakukan sampai mendidih.
  7. Kalau sudah mendidih, matikan kompor dan pindahkan ke meja supaya lebih gampang dalam pengemasannya.
  8. Sebelum jeli dingin, segera masukkan ke wadah berisi es batu. Aduk-aduk supaya tidak terjadi penggumpalan besar-besar.
  9. Cara aduknya, siram-siram nutrijel panas ke antara es batu supaya membentuk gumpalan kecil-kecil seperti lumut. Aduk terus sampai es batu habis dan cairan jeli dingin.
  10. Andai hasilnya kurang sesuai ekspekstasi, misal ada gumpalan besar-besar, bisa pakai whisker. Aduk sampai agak ditekan untuk memotong gumpalan jadi ukuran yang lebih lembut.
  11. Misalkan sudah terlanjur dingin, kamu bisa ambil satu sendok gumpalan, masukkan ke wadah lain, kemudian baru hancurkan pakai whisker.
  12. Kalau dirasa sudah pas teksturnya, masukkan satu kaleng susu evaporasi. Bisa juga diganti dengan susu cair full cream yang UHT.
  13. Selanjutnya, masukkan susu kental manis sesuai selera. Aduk-aduk sampai tercampur rata.
  14. Es lumut pun siap disajikan menggunakan mangkuk. Bisa juga dimasukkan ke dalam botol plastik adn disimpan di kulkas.

Demikian itu resep es lumut untuk takjil. Bisa jadi ide bisnis seru saat Ramadan, nih!