Resep Daifuku, Kue Mochi yang Cocok untuk Takjil

Inionline.id – Siapa yang suka dengan mochi, kue kenyal dan manis dari Jepang? Salah satu varian yang belakangan kian populer adalah daifuku. Banyak orang mencari resep daifuku agar bisa membuatnya sendiri di rumah.

Mochi memang sangat terkenal hingga ke Indonesia. Bahkan di Indonesia sendiri, mochi juga dijadikan sebagai oleh-oleh di Sukabumi sampai Yogyakarta.

Di antara beragam jenis kue mochi, ada daifuku yang berisi anko atau pasta kacang merah. Bahan utama dari dessert ini adalah tepung mochi atau tepung beras ketan yang diberi isian. Penasaran dengan resep daifuku yang juga cocok untuk hingan takjil ini? Simak resep dan cara membuatnya, yuk!

Ilustrasi sajian daifuku mochi (Pixabay/Khemanun Rugyooprasert)

Resep Daifuku yang Enak dan Mudah Dibuat

Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat daifuku:

  • 1 cup mochiko (tepung beras ketan atau tepung mochi)
  • 3/4 cup air 180 ml
  • 2 cup gula 400 gr
  • Cornstarch
  • Anko (pasta kacang merah)
  • Es krim green tea (opsional)

Cara membuatnya cukup mudah, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Campur mochiko dan air di dalam mangkuk, aduk rata. Tambahkan air jika terlalu kering, tapi cuku 1 sdm setiap kali penambahan.
  2. Langkah berikutnya, silakan kukus adonan mochiko selama 20 menit.
  3. Setelah itu, kamu harus memindahkan mochi yang sudah dikukus ke dalam panci dan masak dengan api sedang cenderung kecil dengan 1/3 gula (2/3 cup).
  4. Pada saat gula sudah larut, silakan tambahkan 1/3 gula lagi, kemudian aduk rata.
  5. Setelah itu, tambahkan sisa gula dan masak hingga gula larut dan beri waktu agar gula meleleh, tapi perhatikan jangan sampai gula gosong.
  6. Berikutnya, keluarkan mochi dari panci ke loyang yang sudah ditaburi dengan cornstarch, lalu pipihkan adonan mochi pakai tangan, beri anko secukupnya.
  7. Setelah, itu bulatkan. Daifuku mochi pun siap disajikan. Bisa juga ditambah es krim green tea atau rasa lain yang kamu suka.

Daifuku yang manis enak disantap sebagai camilan sehari-hari. Sajian ini cocok juga untuk hidangan takjil di bulan Ramadan. Selamat mencoba resep daifuku di atas!