Optimis Pemilu 2024 Berjalan Baik, PDIP Ungkit Ada Parpol Manipulasi DPT di Pacitan

Politik657 views

Inionline.id – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan tidak akan terjadi lagi kecurangan dan penggelembungan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hingga membuat suara partai tertentu melonjak signifikan sebagaimana pemilu terdahulu. Entah partai mana yang disindir, Hasto menyebut dua daerah di Jatim menjadi rujukannya.

Sindiran Hasto ini disampaikannya usai membuka Rakornis PDIP Jawa Timur di Surabaya, Minggu (19/3). Hasto menyebut, PDI Perjuangan optimis Pemilu 2024 akan berjalan lancar, karena rakyat sudah memiliki kesadaran politik yang baik.

“Selama ini PDI Perjuangan percaya bahwa rakyat memiliki kesadaran yang baik, menjadi penopang bagi demokrasi yang jujur dan adil, yang menempatkan rakyat memiliki kedaulatan tertinggi dalam demokrasi. Sehingga kami selalu optimis, percaya pemilu akan berjalan dengan baik,” ujar Hasto.

PDIP Bicara Kecurangan di Pemilu

Hasto mengatakan selama 10 tahun kepemimpinan nasional, di mana PDIP menjadi pemenang pemilu, tak ada kecurangan yang dilakukan dan suara rakyat dapat tersalurkan dengan baik.

Bahkan, Hasto menyatakan tidak akan terjadi lagi masa ketika di pemilu dahulu yang diwarnai dugaan kecurangan dan penggelembungan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hingga membuat suara partai tertentu melonjak signifikan.

“Ketika dipimpin PDI Perjuangan, dari DPT-nya saja itu dipastikan bahwa hak konstitusional untuk memilih itu dijamin oleh konstitusi,” ujar Hasto.

Dia mengatakan, PDIP tak pernah melakukan manipulasi DPT sebagaimana terjadi di Pacitan dan Ponorogo yang membuat sebuah partai suaranya bisa naik ratusan persen. Sayang, dia enggan menjelaskan partai mana yang dimaksud melakukan kecurangan pada dua daerah tersebut.