Ini 7 Tips Memilih Kurma dengan Kualitas yang Baik

Inionline.id – Memasuki puasa di bulan Ramadhan, kurma rasanya menjadi menu wajib setiap hari yang ada di rumah. Kurma kerap dijadikan sebagai stok menu berbuka puasa atau sahur. Namun, apakah Anda sudah tahu tips memilih kurma dengan kualitas terbaik?

Memiliki cita rasa yang cendereng manis, kurma juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya dapat membantu memulihkan energi setelah seharian berpuasa dan membantu proses pencernaan. Tetapi tak semua kurma yang dijual berkualitas baik.

Anda perlu memerhatikan dan teliti terhadap beberapa hal sebelum membeli kurma. Berikut adalah sejumlah tips memilih kurma yang bagus untuk stok selama bulan Ramadhan. Simak baik-baik, ya!

Tips Memilih Kurma 

Memilih kurma dengan kualitas baik sangatlah penting, karena jika kita tidak teliti bisa jadi kurma yang dibeli rasanya tidak manis. Untuk itu, simak beberapa tips memilih kurma yang dilansir dari berbagai sumber berikut:

1. Kenali Jenis Kurma 

Sama seperti kebanyakan buah lainnya, kurma juga memiliki berbagai macam jenis. Ada ratusan jenis atau varietas kurma yang dapat ditemui di dunia ini. Mayoritas jenis kurma ini berasal dari kawasan Timur Tengah seperti Arab Saudi, Irak, Iran dan lainnya.

Beberapa jenis kurma yang populer di masyarakat antara lain yaitu kurma ajwa, sukari, medjool, safawi, rabbi, khalas, barhi, dayli, mabroom, mafazati, halawi, sayer, kabkab, deglet nour, dan masih banyak lagi jenis kurma lainnya.

Pada dasarnya, kurma-kurma tersebut memiliki rasa, tekstur, warna dan ukuran yang berbeda-beda. Namun semuanya mengandung manfaat yang baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan rasa kurma yang baik dan sesuai selera Anda, tak ada salahnya jika Anda bertanya terkait jenis kurma yang dijual di etalase.

2. Kurma yang Berkualitas Baik Tidak Dihinggapi Semut 

Tips selanjutnya memilih kurma yang bagus adalah dengan melihat kondisinya. Apabila kurma tersebut diserbu banyak semut, hal itu menandakan bahwa buah itu sudah dicampur pemanis buatan. Buah kurma asli akan selalu terjaga kualitasnya dan tidak memancing kerumunan semut untuk menggerogotinya.

3. Kenali Warna Kurma yang Baik 

Setidaknya ada tiga warna yang paling sering ditemukan untuk mengindikasikan kualitas kurma. Diantaranya yaitu kuning, merah dan juga coklat kehitaman. Akan tetapi, bukan hanya warna yang menjadi idikasi penentu kurma itu baik, melainkan juha isi dari dalam kulit kurma tersebut.

Pilih warna kulit kurma yang rata dengan bagian daging, pastikan kondisi kurna masih utuh dan tidak rusak. Karena warna seperti itu berarti menandakan kurma teraebut masih segar dan sangat layak untuk dikonsumsi.

4. Perhatikan Kondisi Fisik Kurma 

Hindari membeli kurma yang terlalu berkerut, bertekstur lembek atau lengket. Sejumlaj jenis kurma memang ada yang berkerut, namun kerutan itu masih terbilang wajar dan saat dipegang tidak keras.

Kerutan yang banyak dan keras biasanya mengindikasikan bahwa kurma sudah lama. Sementara, tekstur yang terlalu lembek mengindikasikan bahwa kurma telah diberi pemanis buatan

5. Jika Tersedia Tester, Anda Wajib Mencicipinya 

Beberapa penjual kurma akan menyediakan tester kurma gratis untuk meyakinkan para calon pembeli. Anda bisa mencicipi kurma tersebut untuk mengetahui kualitas rasa dan juha teksturnya. Kurma dengan kondisi yang masih bagus rasa manisnya khas dengan kadar kemanisan sewajarnya.

6. Perhatikan Tempat Berjualan 

Apabila Anda membeli kurma kiloan atau curah, maka harus memperhatikan apakah penjual meletakkan penutup di atas kurma saat tidak ada yang beli. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kurma tidak akan terkontaminasi debu atau serangga, seperti semut, lalat, dan kecoak. Pehatikan pula kehigienisan penjual dalam melayani pembelian kurma.

7. Perhatikan Kemasan Kurma 

Beberapa kurma yang dijual di pasaran atau supermarket biasanya sudah dalam kemasan wadah khusus. Baik itu berupa  plastik (seperti wadah makanan ringan) ataupun box kecil.

Pastikan bahwa kemasannya masih tertutup sempurna, tidak ada yang rusak atau berubah bentuknya. Anda juga harus membaca informasi yang tertera pada kemasan, termasuk tanggal kedaluwarsa.

Nah itu tadi tips memilih kurma dengan kualitas terbaik. Jangan sampai salah memilih kualitas kurma karena bisa saja manfaat yang ada dibuah ini akan berkurang bahkan hilang.