Ini 4 Kebiasaan yang Bisa Picu Penyakit Jantung Pada Orang Muda

Kesehatan557 views

Inionline.id – Tak ada yang pernah tahu kapan seseorang akan terserang suatu penyakit. Hal tersebut termasuk pula pada orang muda. Yup, usia muda biasanya identik dengan bersenang-senang dan menikmati hidup secara bebas. Namun, siapa yang menyangka jika beberapa dari pola hidup tersebut bisa sebabkan risiko penyakit jantung yang jarang disadari.

Bahkan menurut sebuah riset, lebih dari 20 persen orang muda di Indonesia mengalami penyakit jantung saat masih berusia di bawah 40 tahun. Tentu saja, salah satu penyebabnya adalah kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Lantas, apa saja itu?

1. Terlalu Sering Rebahan

Para anak muda di zaman sekarang kerap kali dijuluki sebagai kaum rebahan. Mereka begitu menggemari aktivitas bersantai dengan cara rebahan di atas kasur, sofa, dan berbagai tempat yang memungkinkan. Bahkan saat belajar, bermain handphone, hingga menonton film, para anak muda ini lebih memilih posisi berbaring dan bertahan hingga berjam-jam lamanya.

Padahal, terlalu sering rebahan nyatanya bisa memicu penyakit jantung, lho. Meski begitu, hal tersebut bisa dicegah dengan rutin melakukan olahraga setiap harinya. Lakukan aktivitas sehat ini minimal 20 menit dalam sehari. Dengan begitu, tubuh bisa lebih bugar dan sehat.

2. Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Saat ini, ada banyak sekali jenis makanan yang beredar di pasaran. Misalnya fast food, jajanan kemasan, street food, dan banyak lagi lainnya. Berbagai santapan tersebut pun juga enak, mengenyangkan, dan bahkan beberapa memiliki harga beli yang terjangkau. Akan tetapi, belum tentu nutrisi yang ada di dalamnya bisa mencukupi kebutuhan gizi harian.

Alih-alih sehat, bisa saja macam-macam makanan tersebut malah memicu hal buruk pada tubuh. Salah satunya adalah penyakit jantung. Sebab, tak ada yang tahu bahan apa saja yang dimasukkan ke dalamnya, berapa banyak kadar kolesterol yang termuat, dan lain-lain. Untuk itu, lebih baik membuat sendiri hidangan untuk disantap, karena lebih terjamin kebersihan dan kandungan gizinya.

3. Sering Stress

Capek dan stres menjadi sesuatu yang kerap kali dikeluhkan oleh anak muda saat ini. Padahal, stress yang menumpuk bisa saja memicu penyakit jantung di usia dini. Ini karena kondisi psikologis tersebut dapat meningkatkan tekanan darah dan memberikan tekanan yang berlebih pada pembuluh arteri maupun jantung.

Untungnya, masih ada cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya. Misalnya saja dengan menonton film, mendengarkan lagu, healing ke berbagai destinasi indah, serta menulis. Beragam kegiatan ini dipercaya dapat mengurangi rasa stress dan membuat pikiran jadi lebih tenang.

4. Begadang

Terlalu sering begadang ternyata menjadi salah satu faktor yang dapat memicu penyakit jantung. Ketika seseorang kurang tidur, maka hormon adrenalin maupun kortisol akan meningkat dan sebabkan naiknya tekanan darah yang tinggi. Inilah mengapa serangan jantung bisa terjadi, meskipun penderitanya masih di usia yang muda.

Sadar tidak sadar, namun itulah beberapa kebiasaan buruk yang bisa memicu penyakit jantung pada kaum muda-mudi. Nah, selain menghindari berbagai hal di atas, kamu pun juga perlu rutin memeriksakan kesehatan ke rumah sakit terdekat. Dengan begitu, gejala penyakit mematikan ini bisa dicegah atau diketahui dengan lebih awal agar tak sampai timbulkan akibat yang fatal.