Disdukcapil Kota Bogor Gelar Dukcapil Family Fest 2023 di BTM

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor menggelar event Dukcapil Family Fest 2023 di mall BTM lantai 1, Kota Bogor, mulai Jum’at (10/03/2023) sampai Minggu (12/03/2023).

Dalam event ini masyarakat Kota Bogor bisa menerima berbagai pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) seperti pembuatan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dan digital, Kartu Identitas Anak (KIA), Surat Pindah (SKPWNI), Akta Kelahiran, Akta Kematian.

Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim yang membuka langsung acara tersebut mengatakan bahwa Pemkot Bogor selalu melaksanakan inovasi-inovasi mulai dari mall pelayanan publik (mpp), loket drive thru Disdukcapil, serta pelayanan-pelayanan cepat lainnya.

“Hari ini kita tambah dengan KTP digital, era digitalisasi ini tidak bisa kita tinggalkan mau tidak mau kita akan menghadapi era digital yang lebih solid lagi, nanti semua urusan itu cukup dengan handphone dengan barcode dengan segala rupa yang bentuknya digital,” katanya.

“Oleh karenanya itu ada kaitannya dengan user friendly, jadi kita tidak perlu lagi misalnya pengadaan blanko lebih banyak, kemudian KTP konvensional bisa di reduce sehingga pemakaikan pemanfataan bahan-bahan yang merusak lingkungan bisa kita reduce,” lanjut Dedie.

Hal yang tidak kalah penting menurut Dedie ialah bagaimana membuat masyarakat lebih mudah seperti tekhnologi face recognition.

“Nanti tentu kedepan orang tidak harus membawa dokumen yang banyak dengan cukup membawa data yang ada di handphone, melalui KTP digital maka semua urusan itu bisa dilaksanakan secara lebih ringkas dan lebih simple,” tandasnya.

Direktur Pendaftaran Penduduk Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Republik Indonesia Dr. David Yama menjelaskan bahwa Dukcapil Family Fest ini adalah kegiatan yang selalu dikedepankan untuk pelayanan adminduk kepada masyarakat.

Soal KTP digital Dr. David menambahkan bahwa program ini baru dimulai akhir tahun 2022 dengan secara bertahap mengganti mereka yang memilki blanko fisik KTP elektronik secara bertahap menjadi digital.

“Tidak semua, yang tidak punya handphone, yang punya handphone android kemudian yang berbasis Iphone nanti kita bikinkan KTP digital ini, jadi tidak hanya KTP didalamnya ada KK dan lainnya kita satukan dalam satu handphone ini,” imbuhnya.

Kota Bogor sendiri ditarger sebanyak 25 persen dari total jumlah penduduk. Artinya kisaran target KTP digital selama 2023 di Kota Bogor ada di angka 196 ribu orang.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bogor Ganjar Gunawan menyebutkan bahwa selain di Kantor Disdukcapil Kota Bogor, masyarakat yang ingin mendapatkan KTP digital juga bisa mendatangi kantor kecamatan terdekat diwilayahnya.

“Masyarakat harus mengikuti tahapan pembuatan, salah satunya ada proses scan barcode yang harus dilakukan oleh petugas dukcapil, lalu sudah memiliki KTP fisik sebelumnya, smartphone dan email untuk hp android bisa di playstore,” pungkasnya. (JC)