Di Lebaran 2023 Polri Prediksi Arus Mudik Meningkat 14,2 Persen

Berita057 views

Inionline.id – Mabes Polri memprediksi akan terdapat lonjakan arus mudik Lebaran 2023 hingga 14,2 persen dibanding momentum mudik tahun lalu.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan peningkatan tersebut diperkirakan terjadi seiring tidak adanya lagi pembatasan di masyarakat terkait Covid-19.

Dedi menuturkan berdasarkan perkiraan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal ada 123,8 juta orang yang akan melaksanakan mudik selama momentum lebaran 2023.

“Dan hal tersebut bila dibandingkan tahun 2022 meningkat 14,2 persen. Tahun lalu arus mudik hanya mencapai 85,5 juta orang,” ujar Dedi kepada wartawan, Selasa (28/3).

Dedi menilai faktor utama yang paling mempengaruhi peningkatan angka pemudik tersebut sejalan dengan pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Presiden Jokowi pada Desember kemarin.

Peningkatan itu, kata dia, juga dipengaruhi oleh situasi kesehatan masyarakat saat ini yang sudah memasuki pra-endemi atau dinilai sudah mendekati normal seperti sebelum Covid-19 melanda.

“Ketiga perekonomian juga alhamdullilah semakin membaik. Keempat tidak adanya pembatasan atau larangan perjalanan serta peningkatan persepsi positif dari masyarakat atas penyelenggaraan angkutan lebaran pada tahun 2022 lalu,” tuturnya.

Dedi memastikan pihaknya kini tengah mematangkan sejumlah persiapan guna mengawal masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran di tahun ini.

“Sejumlah persiapan dilakukan pemerintah dalam rangka memenuhi kenyamanan dan keamanan layanan masyarakat yang berkaitan dengan persiapan sarana prasarana transportasi publik maupun ketersediaan distribusi pangan,” pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi memastikan pihaknya telah menyiapkan sejumlah opsi rekayasa lalu lintas pada Operasi Ketupat 2023.

Beberapa skema rekayasa lalu lintas dimaksud berupa contraflow hingga skema One Way. Firman mengatakan skema rekayasa itu rencananya juga tidak hanya digelar pada ruas jalan tol melainkan pada area sekitar Pelabuhan Merak.

Firman juga mengatakan pihaknya telah melakukan survei langsung ke sejumlah rute mudik mulai dari Jalur Pantai Selatan, Pantai Utara, hingga ruas jalan menuju ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.