Catat Tanggalnya, Venus & Jupiter Akan Terlihat Berdekatan dan Mungkin Bisa Dilihat

Iptek357 views

Inionline.id – Ada kabar baik bagi Anda penyuka astronomi. Ya, pada 1 Maret 2023 mendatang, planet Venus dan Jupiter akan saling berdekatan yang kemungkinan bisa dilihat. Dilansir dari lamanĀ IFLScience, Rabu (28/2), kedua benda langit tersebut akan berada dalam konjungsi selama beberapa hari ke depan.

Konjungsi terjadi ketika dua benda langit tampak berdekatan meski pada dasarnya terpisah ratusan juta kilometer. Dalam beberapa kasus, objek dapat terlihat sangat dekat sehingga tampak menyatu menjadi satu objek yang jauh lebih terang sebagai hasilnya. Venus dan Jupiter akan berjarak kurang dari satu derajat tetapi tidak cukup dekat untuk muncul sebagai satu benda terang.

Satu derajat kira-kira seukuran jari kelingking sejauh lengan. Setiap derajat dibagi menjadi 60 menit busur. Pada tanggal 1 Maret, kedua planet akan berjarak 39 menit busur dan pada tanggal 2 Maret akan terpisah 45 menit busur.

Mereka kemudian akan terus berpisah, dengan Venus terbit di langit barat dan Jupiter menghilang di belakang Matahari, sebelum muncul kembali menjelang fajar di akhir April.

Konjungsi tidak terlalu langka antara Jupiter dan Venus, biasanya terjadi kira-kira sekali setiap 13 bulan. Tetapi jika Anda tidak ingin melewatkan yang satu ini, pastikan untuk memiliki pemandangan langit barat yang jelas dari sebelum matahari terbenam.