Berikut ini 7 Tips Wisata di Bali saat Nyepi, Wajib Ikuti Aturan

Inionline.id – Nyepi merupakan salah satu hari di mana Pulau Bali menjadi hening dan sepi. Namun bukan berarti Bali menjadi sepi wisatawan di Hari Raya Nyepi. Justru, hari raya Nyepi bisa menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Tertarik menghabiskan waktu libur Hari Raya Nyepi di Bali? Simak tips wisata di Bali saat Nyepi berikut.

Nyepi merupakan hari suci di mana umat Hindu merayakan Tahun Baru Saka. Sebagai pendatang, sudah sepatutnya kita menghormati aturan yang ada.

 ucapan hari raya Nyepi 2022 Bahasa Bali (Pixabay/keulfm)

1. Tahu aturan dan maknanya

Melansir dari laman Bali Pedia, pada Hari Raya Nyepi, umat Hindu akan melakukan Catur Brata Penyepian yaitu Amati Lelungan (tidak bepergian, Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang, Amati Karya (tidak bekerja), dan Amati Geni (tidak menyalakan api).

Oleh karenanya, sebagai wisatawan, Anda juga harus menghormati perayaan tersebut dengan mengikuti aturan yang ada.

2. Tahu waktu pelaksanaan

Nyepi akan jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023 mendatang. Selama 24 jam di waktu tersebut, Catur Brata Penyepian akan dilakukan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin merasakan khidmatnya hari raya Nyepi, pastikan untuk datang ke Bali maksimal sehari sebelumnya. Sebab pada hari Nyepi, aktivitas di bandara sering kali dikurangi.

3. Jangan meninggalkan penginapan

Tips wisata di Bali saat Nyepi selanjutnya adalah dengan berdiam diri di penginapan. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar hotel. Namun, sebaiknya Anda tidak mengganggu ketenangan di lingkungan masyarakat.

Jika Anda keluar, akan ada Pecalang atau Polisi Adat yang siap menegur. Sebagai wisatawan, Anda akan tetap menerima teguran.

4. Nyalakan lampu hanya di kamar

Saat menginap dan ingin menghabiskan malam dengan lampu, tentu Anda tetap bisa melakukannya di Hari Nyepi. Namun, pastikan untuk tidak melakukan lampu balkon atau lampu yang ada di luar.

Cukup nyalakan satu atau dua lampu di kamar dan pastikan cahayanya tidak menembus hingga ke luar kamar. Pastikan tirai jendela Anda tertutup rapat.

5. Siapkan perbekalan

Di Hari Raya Nyepi, hampir seluruh toko akan tutup. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan perbekalan di hari tersebut, terutama makanan dan obat-obatan jika diperlukan. Pastikan makananmu cukup hingga malam hari atau keesokan harinya.

6. Hormati upacara adat

Ketika mendapat kesempatan mengikuti berbagai upacara adat saat Nyepi, pastikan Anda mengikuti seluruh aturan yang ada. Contohnya, pada upacara Melasti di pantai, jangan berjalan di depan rombongan umat.

Selain itu, jangan melangkahi sesajen yang baru saja dihaturkan ke tengah laut. Pastikan Anda juga memakai pakaian sopan.

7. Jika sakit saat nyepi

Tips wisata di Bali saat Nyepi satu ini tidak kalah penting/ Apabila Anda merasa tidak enak badan di tengah hari raya Nyepi, segera lapor pada petugas pengianapan. Mereka akan membantu menghubungi rumah sakit terdekat.

Dengan begitu, akan ada ambulans yang langsung menjemput. Sebab, kendaraan yang boleh beredar selama Nyepi hanyalah ambulans.