AI Disebut akan Mengubah Cara Pasarkan Produk

Iptek657 views

Inionline.id – Ryan Kristo Muljono, inisiator SEOCon 2023 sekaligus CEO ToffeeDev dan Toffee Events mengatakan, dunia marketing kini sudah memasuki era baru dan Artificial Intelligence (AI) akan mengubah industri marketing.

“Tren utama yang perlu kita semua perhatikan di tahun 2023 ini dalam dunia marketing adalah AI, programmatic advertising, serta fokus pada local Search Engine Optimization (SEO), metaverse, serta video marketing,” ungkap Ryan dalam keterangan persnya, Selasa (21/3).

Menurutnya, teknologi AI sendiri memang memicu banyak perdebatan mengenai sisi baik dan buruknya. Meski kehadiran AI dianggap mengancam beberapa sektor bisnis karena dapat menggantikan peran manusia, di sisi lain banyak kelebihan dari AI yang akan mempermudah bisnis.

“Salah satunya adalah proses pengambilan dan pengolahan data,” jelas dia.

Dilansir dari Forbes, beberapa strategi yang akan digunakan untuk menunjang performance marketing adalah AI dan otomatisasi (seperti chatbot dan automated email campaign), contextual advertising, dan teknologi seperti visual search dan Augmented Reality (AR) serta Virtual Reality (VR).

Sementara CEO dari Doxa Digital, Viktor Iwan, memaparkan proses pelanggan dalam mencari hingga menentukan pilihan produk cukup berliku. Menurutnya, untuk bisa unggul di pasaran, pemilik bisnis harus mengerti cara untuk memenangkan ‘The Messy Middle’ model, yaitu sebuah model yang dapat memetakan pengambilan keputusan oleh user.

Dalam hal ini, secara spesifik dalam bidang pembelian produk. ‘The Messy Middle’ memiliki beberapa tahapan, mulai dari trigger, exposure, exploration dan evaluation, serta experience, sebelum konsumen melakukan purchase.

“Segala sesuatu dalam bidang digital marketing itu berhubungan dengan tren. Behavior model (machine learning) itu sangat penting untuk dikuasai,” ujar Viktor.

Terlepas itu, Dewaweb dan ToffeeDev bersama Goodworks menyelenggarakan event Power Lunch bertajuk “Stop Wasting Your Marketing Budget” pada 16 Maret 2023.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian SEOCon Jakarta 2023 yang akan kembali digelar pada 24-25 Mei 2023 mendatang di The Kasablanka Hall, Jakarta.