Warga Tumpah Ruah di Gelaran Festival Cap Go Meh

Antar Daerah957 views

Inionline.id – Ribuan orang memadati festival Cap Go Meh yang digelar di Jalan Surya Kencana, Kota Bogor. Momen ini juga juga membuat macet jalanan di Kota Bogor.

Kemacetan parah di Jalan Otista Kota Bogor masih terjadi hingga pukul 21.00 WIB. Kendaraan yang didominasi roda dua tampak memadati sepanjang ruas Jalan Otista yang mengarah simpang Jalan Surya Kencana, lokasi perhelatan Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) 2023.

Seorang pengendara mobil mengaku menghabiskan waktu hingga sekitar 40 menit untuk melewati macet di Jalan Otista.

“Ya gila juga sih macetnya, tadi sempat stuck ngga bergerak. Terus maju dikit, berhenti lagi, ada 40 menit cuma ngelewatin Jalan Otista. Sebenarnya tahu lagi ada Cap Go Meh, tapi kirain kan tadi macetnya ngga separah ini, tadi sudah kepalang masuk jalur, nanggung,” kata Yana ditemui sedang istirahat di sekitar Simpang BTM.

Kemacetan lalulintas tidak hanya terjadi di Jalan Otista sekitar Jalan Surya Kencana Kota Bogor. Seorang pemobil bernama Inten Ashfia mengaku harus menempuh waktu ke rumahnya hingga 2,5 jam, karena terjebak macet mulai dari kawasan Jalan Merdeka hingga Jalan Gunung Batu Kota Bogor. Padahal biasanya, perjalanan pulangnya bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari kawasan Merdeka.

“Baru sampe rumah, tadi macetnya parah. Di panaragan (Jalan Veteran, red) macet total, sampe rumah 2,5 jam, biasanya kan cuma 30 menit,” kata Inten.

Kabag Ops Polresta Bogor Kota Kompol Prasetyo mengatakan, saat ini kemacetan arus lalulintas sudah mulai terurai. Jalan Otista yang sempat diberlakukan buka-tutup, kini sudah bisa dilalui kendaraan.

Kemacetan di Jalan Otista, kata Prasetyo terjadi karena banyaknya warga yang berjalan kaki kemudian menyeberang jalan untuk mendekati Jalan Surya Kencana. Selain itu, iring-iringan festival kelompok seni menuju Jalan Surya Kencana mengakibatkan arus kendaraan tersendat.

“Arus lalin sekarang sudah, bisa dilalui untuk Jalan Otista, tadi beberapa saat ditutup karena iring-iringan barongsai dan sebagainya. Untuk interchange menuju exit tol Baranangsiang sudah dibuka, per pukul 20.30 WIB, sudah relatif aman untuk lalin, kepadatan memang ada, tapi tidak separah sore tadi,” kata Prasetyo.