Sri Mulyani Membantah Pemerintah Suka Menakuti-nakuti Rakyat

Berita457 views

Inionline.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani membantah jika pemerintah selalu menakuti-nakuti masyarakat dengan kondisi ekonomi yang ‘suram’.

Sri Mulyani mengatakan ungkapan Presiden Joko Widodo yang berulang kali menyampaikan ekonomi suram adalah agar masyarakat dan pengusaha terus waspada.

“Kami menyampaikan kepada masyarakat dan pelaku ekonomi bahwa dunia tidak baik-baik saja, itu tidak menakut-nakuti. Itu responsibility kita harus hati-hati, bukan harus takut,” kata Sri Mulyani dalam CNBC Economic Outlook, Selasa (28/2).

Hal itu mengingat kondisi 2022 bukanlah tahun yang mudah untuk dilewati. Apalagi hingga saat ini perang Rusia-Ukraina belum menemui titik terang kapan berakhirnya.

“2022 was not an easy year, Bapak Presiden (Jokowi) menyampaikan berkali-kali, tentu sumber beliau tidak hanya Menkeu,” katanya.

“Memang tahun lalu bukan tahun gampang, dengan situasi tidak mudah, waktu harga minyak US$126 per barel, dan Indonesia terpaksa menaikkan harga BBM 30 persen,” imbuhnya.

Meski demikian Sri Mulyani mengatakan pemerintah masih optimis jika ekonomi Indonesia akan membaik.

Hal ini terlihat dari investasi yang tumbuh hampir 5 persen, ekspor yang tinggi dan peluang investasi di RI yang masih terbuka.