Kalahkan Churros Pisang Goreng Camilan Terbaik Dunia, Berikut Ini 5 Jenis Pisang yang Enak Digoreng

Inionline.id – Kabar baik datang dari berita mancanegara yang mengabarkan pisang goreng Indonesia jadi camilan terbaik dunia, mengalahkan churros camilan asal Spanyol. Tapi sudah tahu belum sih apa jenis pisang yang bagus untuk pisang goreng?

Kabar ini juga ikut diberitakan di akun media sosial Instagram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jumat (17/2/2023) berdasarkan data riset yang dilakukan Taste Atlas.

“Di antara 50 makanan pencuci mulut yang digoreng lainnya, pisang goreng menduduki posisi nomor 1, kalahkan churros dari Spanyol dan donat dari Amerika Serikat,” tulis Kemenparekraf dalam caption unggahan tersebut.

Dalam tersebut juga melampirkan daftar camilan atau dessert yang digoreng dari seluruh dunia dari 50 negara. Terlihat juga beberapa camilan yang cukup familiar dan terkenal di Indonesia, seperti churros dari Spanyol berada di urutan ke 9.

Lalu ada juga donat dari Amerika Serikat di urutan ke 18, lalu ada bomboloni asal Italia di urutan ke 7, hingga es krim goreng asal Paris di urutan ke 27 dan sebagainya.

Tapi sebagai negara asal, sayangnya tidak banyak masyarakat Indonesia yang tahu jenis pisang terbaik untuk pisang goreng, karena menganggap semua jenis pisang sama, padahal tidak loh.

Berikut ini 5 jenis pisang terbaik untuk pisang goreng, mengutip situs Sasa.co.id:

1. Pisang Raja Uli

Lantaran lebih enak diolah menjadi masakan lebih dulu dibanding dikonsumsi langsung, maka pisang ini dianggap jadi pisang terbaik untuk dijadikan pisang goreng.

Ini karena saat setelah digoreng, rasa pisang akan jadi lebih manis dan pulen. Apalagi jika digoreng saat pisang belum matang sempurna, rasanya akan semakin nikmat.

2. Pisang Raja Bulu

Dibanding pisang raja uli yang berukuran panjang, maka pisang ini cenderung memiliki daging tebal, berbulu di luar dan dengan aroma harum yang khas. Rasanya juga disebut semanis madu, karena lembut padat dan lezat, sayangnya harga pisang ini cenderung lebih mahal di pasaran.

3. Pisang Kepok

Jika umumnya pisang goreng cenderung tebal dan padat, maka dengan pisang kepok jadi rekomendasi terbaik, karena tekstur dagingnya tidak mudah lembek dan hancur saat digoreng.

Tapi pisang ini juga tidak akan semanis pisang lainnya, jadi disarankan untuk menggunakan pisang kepok yang sudah matang sempurna untuk dibuat pisang goreng.

4. Pisang Tanduk

Jenis pisang ini lebih panjang dan besar dibanding pisang pada umumnya, dan bentuknya sebelum dibuka seperti tanduk hewan, sehingga pisang ini perlu diolah lebih dulu sebelum dimakan, karena jika dimakan langsung akan keras dan tidak enak.

Tapi menariknya jika sudah digoreng rasa pisang ini cenderung unik, karena manis dan lembut sekalipun. Bahkan camilan dengan pisang ini sudah disantap di Amerika bahkan Eropa loh.

5. Pisang Nangka

Dibanding pisang pada umumnya yang berwarna kuning, maka pisang ini punya warna hijau polos, dan saat disantap aromanya seperti buah nangka, sehingga akan semakin menggugah selera jika digoreng lebih dulu.