Ini 7 Cara untuk Menjaga Kesehatan Gusi dan Memperkuatnya

Kesehatan157 views

Inionline.id – Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang perlu diperhatikan karena bisa sangat menentukan kualitas hidup kita. Pada saat gigi dan mulut mengalami masalah, kita akan kesulitan makan sehingga bisa menyebabkan masalah-masalah lainnya.

Banyak orang yang sangat memperhatikan kesehatan gigi, sayangnya kesehatan gusi kerap terlewat. Padahal, kesehatan gusi ini juga memiliki dampak yang sangat besar juga.

Gusi memiliki peran yang besar dalam menyokong kesehatan gigi. Kondisi gusi yang sehat dan kuat, bisa berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

Sejumlah cara perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan gusi dan memastikannya tetap kuat. Dilansir dari Healthshots, berikut sejumlah cara yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gusi.

1. Menyikat Gigi

Menyikat gigi merupakan cara utama untuk menjaga kesehatan gusi dan mulut secara keseluruhan. Pastikan untuk menggunakan bulu sikat yang lembut dan sikat gigi dua kali sehari.

Pastikan jangan menyikat gigi terlalu keras namun lakukan gerakan vertikal yang menggosok gigi dari gusi turun ke bawah. Gosok searah dengan arah gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel.

Jangan lupakan juga untuk menyikat bagian lidah dan langit-langit mulut. Pastikan mengganti sikat gigi dengan yang baru usai digunakan selama dua hingga tiga bulan.

2. Lakukan Flossing Setiap Hari

Flossing merupakan cara paling efektif untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi yang tak terjangkau sikat. Sisa makanan dan plak ini bisa menyebabkan iritasi pada gusi jika tidak dibersihkan. Tak hanya menjaga kesehatan gusi, flossing juga bisa membantu gigi tampak lebib cerah dan bersinar.

3. Konsumsi Makanan yang Bermanfaat untuk Gusi

Makanan manis, permen karet, dan soda merupakan makanan yang bisa menyebabkan berkembangnya bakteri dalam mulut dan bisa menyebabkan masalah gusi. Makanan lain yang perlu dihindari adalah biskuit, keripik kentang, serta buah kering karena bisa menempel pada gusi.

Sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang bermanfaat bagi gigi seperti produk olahan susu dan makanan tinggi kalsium lainnya. Pastikan juga untuk banyak mengonsumsi buah dan sayur.

Usai mengonsumsi makanan manis, pastikan juga untuk langsung berkumur setelahnya. Usai konsumsi makanan manis atau minuman bersoda, tunggu 30 menit terlebih dahulu sebelum menyikat gigi.

4. Minum Cukup Air

Air liur merupakan hal yang penting bagi kesehatan mulut untuk menyeimbangkan pertumbuhan bakteri. Keberadaan air liur penting untuk membilas sisa makanan yang bisa menempel di gigi dan mulut.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan air liur di tubuh adalah dengan minum cukup air. Kurang air bisa menyebabkan mulut menjadi kering sehingga meningkatkan risiko tumbuhnya bakteri di dalam mulut.

5. Kenali Faktor Risiko yang Dimiliki

Sejumlah hal bisa menjadi faktor risiko munculnya penyakit gusi. Sejumlah hal berikut bisa membuatmu lebih berisiko mengalami masalah gusi:

– Diabetes
– Riwayat masalah gusi di keluarga
– Perubahan hormon pada wanita
– Obat-obatan yang bisa menyebabkan mulut kering
– Penyakit yang mempengaruhi kekebalan tubuh
– Kebiasaan yang buruk bagi kesehatan mulut

6. Hindari Rokok

Menghindari rokok perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi. Merokok juga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuatmu lebih rentan mengalami masalah gusi.

7. Ke Dokter Gigi Dua Kali Setahun

Pemeriksaan mulut dan pembersihan secara rutin di dokter gigi penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gusi. Pastikan untuk ke dokter gigi enam bulan sekali atau dua kali dalam setahun untuk pemeriksaan dan pembersihan.

Sejumlah cara tersebut bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi. Kondisi gusi dan gigi yang sehat sangat penting untuk kualitas hidup secara keseluruhan yang lebih baik.