Di Pilgub Jateng 2024 Demokrat Tak Tutup Kemungkinan Mengusung Gibran Rakabuming Raka

Politik257 views

Inionline.id – Partai Demokrat tak menutup kemungkinan untuk mengusung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon gubernur Jawa Tengah di Pilkada 2024.

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah Rinto Subekti mengamini kader partai lain salah satunya Gibran dari PDIP memang potensial untuk diusung.

“Siapapun calonkan pilgub mau mas Gibran, Mas Hendi, atau kader (Demokrat) Mas Bambang Eko Purnomo kami terbuka,” ucap Rinto mengutip Detik dalam acara Bakomstra pada Sabtu lalu (25/2).

Dia mengatakan pemilihan calon gubernur Jawa Tengah nanti akan ditentukan oleh DPP Partai Demokrat yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Rinto menyebut saat ini Demokrat juga masih fokus menghadapi pemilu dan pilpres 2024 terlebih dahulu. Akan tetapi, komunikasi dengan sosok potensi jadi calon kepala daerah tetap dijalin sejak dini.

“Komunikasi politik terhadap semua terbuka. Kepada siapapun tidak terkecuali,” ujarnya.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka menyatakan siap menjadi calon gubernur di Pilkada 2024 mendatang.

Dia mengaku masih menunggu keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengenai hal itu.

“Ya saya sih siap, tapi nunggu Bu Ketua Umum dulu ya. Sekali lagi saya ini masih belajar, masih perlu banyak masukan-masukan beliau-beliau senior,” kata Gibran pada 20 Januari lalu.

Hasto Jawab Cap Feodal, Ingatkan Demokrat Koalisi Tak Bisa Dipaksakan
Saat ini, DPP PDIP belum banyak bicara soal kans mengusung Gibran menjadi calon gubernur.

Akan tetapi, DPD PDIP DKI Jakarta sudah menyebut Gibran menjadi salah satu orang yang dipertimbangkan.

Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono menganggap Gibran sosok kepala daerah yang berhasil dalam memimpin.

“Dalam konteks diskusi internal partai, kita sudah mendiskusikan beberapa kepala daerah yang kita anggap berhasil memimpin daerahnya. Salah satunya adalah Mas Gibran,” kata Gembong pada 6 Februari lalu.