Dewan Jabar Supono Siap Dorong Program Pesantren Jawa Barat ke Desa Cisalada Bogor

Antar Daerah257 views

Bogor, Inionline.id – Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor H. Supono menggelar reses II tahun sidang 2022-2023 di Kantor Desa Cisalada, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jum’at (17/02/2023).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyoroti aspirasi masyarakat setempat soal kepesantrenan.

“Masalah bantuan sarana prasarana untuk pendidikan pesantren, karena tadi banyak persantren disitu disamping juga infrastruktur dan yang lain saya kira itu yang tadi paling saya sorot,” ujarnya.

Supono pun menambahkan, pesantren-pesantren bisa diintervensi dengan program-program dari Jawa Barat seperti One Pesantren One Product (OPOP) maupun pemberdayaan desa wisata.

“Tadi ada potensi desa menjadi tempat wisata berupa mata air, di combine menjadi satu destinasi tadi jadi keunggulannya bisa menjadi destinasi wisata,” imbuhnya.

Nantinya, Supono melanjutkan bahwa masalah yang akan timbul tinggal bagaimana kepala desa meramu dan mensinergikan bahwa pesantren yang ada sekaligus menjadi destinasi wisata sehingga masyarakat terberdayakan.

“Kemudian pesantren maju karena infrastrukturnya dan juga suasananya kondusif, ini suasana semi seperti daerah wisata juga tinggal potensi itu bagaimana seluruh stakeholder yang ada diseluruh masyarakat itu bersinergi, apalagi kepala desanya masih muda, stafnya masih muda itu harusnya kreatifitasnya lebih,” tutup Supono. (JC)