4 Superfood yang Membuat Awet Muda

Inionline.id – Siapa tak ingin menjadi awet muda? Terus bersemangat, tampil percaya diri setiap saat, dan tetap menarik meski usia semakin bertambah, menjadi keinginan banyak orang. Salah satu caranya, Anda bisa mengonsumsi beberapa opsi makanan superfood yang bikin awet muda.

Superfood sebenarnya adalah makanan sehat yang mengandung cukup banyak nutrisi. Nutrisi ini baik untuk kulit sehingga tanda penuaan yang muncul akibat pertambahan usia dapat tersamarkan dan kulit pun tampak cerah serta kenyal.

Beberapa superfood yang bisa menjadi opsi, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Buah Alpukat

Alpukat termasuk buah yang bisa dibilang superfood jika berbicara mengenai nutrisi untuk awet muda. Kandungan lemak baik yang sehat sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit secara umum.

Buah ini kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, serta serat. Ada pula senyawa unik dalam alpukat yang membantu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari serta dapat memperbaiki kulit rusak. Benar-benar superfood, ya?

2. Tomat

Buah atau sayur? Pertanyaan klasik yang selalu diajukan ketika bahasan mengenai tomat mengemuka.

Terlepas dari perdebatan ini, kandungan vitamin C dalam tomat terbilang sangat tinggi. Masih ada pula kandungan beta carotene, lutein, dan lycopene yang memiliki kekuatan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi makanan dengan kandungan lycopene dan antioksidan selama 15 minggu dapat membuat kulit terhindar dari kerutan.

3. Blueberry

Buah blueberry juga termasuk superfood yang bikin awet muda. Buah ini sendiri sejak lama dikenal memiliki banyak kandungan yang baik untuk kulit sehingga sudah digunakan oleh banyak produk kosmetik.

Kandungan yang ada di dalamnya termasuk anthocyanin yang membantu meningkatkan produksi kolagen pada tubuh. Asupan vitamin C harian juga dapat tercukupi ketika Anda memakan buah ini.

4. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah salah satu superfood yang bisa Anda masukkan ke dalam menu makanan harian jika ingin awet muda. Asupan ini dapat memberikan protein tanpa lemak jahat yang akan mempertahankan massa otot saat dewasa.

Salmon kaya akan asam lemak Omega-3 yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Jadi tak hanya baik untuk kulit, ikan ini juga baik untuk kesehatan jantung Anda.

Itu tadi sejumlah superfood yang bikin awet muda jika dikonsumsi dengan benar. Konsultasikan pilihan menu Anda dengan ahli gizi kepercayaan dan dapatkan menu harian yang tepat.