Viral Pria Buang Sampah Sekarung di Sungai Pasar Cibinong, Dewan Jabar Supono Desak Pemkab Bogor Ciptakan Management Pasar

Antar Daerah1357 views

Bogor, Inionline.id – Viral sebuah video yang diduga seorang pria membuang satu karung sampah ke sungai di depan Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor hingga mendapat berbagai komentar dari netizen disosial media.

Kejadian ini juga memancing komentar dari anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat H. Supono yang mendesak Pemerintah Kabupaten Bogor segera mengambil tindakan.

Menurutnya, sudah saatnya Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor berkolaborasi dengan Perusahaan umum daerah (Perumda) Pasar Tohaga untuk menciptakan sistem management pasar yang baik guna salah satunya mengelola sampah agar tidak dibuang disembarang tempat.

“Mestinya dinas atau instansi terkait dengan pasal lingkungan itu harus aware (peduli) benar dengan lingkungan, salah satunya itu sekarang yang menjadi pertanyaan yang membuang itu adalah padagang atau masyarakat,” ujar H. Supono saat dihubungi awak media via telepon, Rabu (04/01/2023).

“Terlepas oknum itu pedagang atau masyarakat, itu di depan Pasar Cibinong berarti tidak tersedia infrastruktur atau juga menajemen persampahan yang baik,” lanjut Supono.

Legislator Partai Amanat Nasional (PAN) berargumen, dipasar itu harus ada manajemen persampahan dimana orang membuang sampah, kemudian dimana tempat pembuangan sementara di pasar, itu sebagai muara residu aktifitas jual beli dan seterusnya.

“Harus ada itu dipertanyakan kalau ada orang membuangnya ke sungai,” katanya.

Hal kedua yang juga penting ialah, H. Supono mendesak Pemkab Bogor harus ada yang petugas khusus untuk menjaga titik-titik sekitar Pasar Cibinong agar tidak ada lagi oknum yang membuang sampah sembarangan.

“Ada tempat tapi tidak ada aparat atau petugas, Dinas Kebersihannya seperti itu juga yang kaitannya dengan pasar harusnya ada sinergi dengan instansi terkait, itu intinya kalau sinergi terwujud maka pasar akan bersih,” imbuhnya.

Dirinya pun menyayangkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang menuding masalah ini akibat lemahnya pengawasan tingkat desa dan kecamatan disekitar wilayah Pasar Cibinong.

Berikutnya, H. Supono juga mendorong adanya law enforcement atau penegakan oknum bagi pihak yang membuang sampah sembarangan dengan sanksi denda yang wajib ditegakan.