Universitas Sahid Menggandeng Shinhan University untuk Pertukaran Mahasiswa hingga Penelitian

Pendidikan157 views

Inionline.id – Universitas Sahid Jakarta melakukan kerja sama dengan Shinhan University, Korea Selatan.  Kerja sama ini disepakati lewat penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antar keduanya.

“Nantinya ke depan kita akan aktif untuk program pertukaran mahasiswa atau double degree,” ujar Rektor Universitas Sahid Jakarta, Kholil di Jakarta, Rabu 11 Januari 2023.

Selain itu disepakati pula program penelitian dan publikasi ilmiah bersama antardua kampus tersebut.  Kesepakatan ini merupakan tindak yang lebih jauh dari sekadar pertukaran budaya antara Indonesia dan Korea Selatan.

“Jadi tidak hanya budaya, ada banyak yang akan kami lakukan setelah mereka pulang ke sana. Kami tadi sudah komunikasi, kita saling menyiapkan detail dari masing-masing,” kata Kholil.

MoU ini didahului oleh kegiatan bersama antardua sivitas. Sivitas akademika Shinan University bersama sejumlah mahasiswanya bertandang ke Universitas Sahid.

Selama sepekan, rombongan Shinan University mempelajari budaya Indonesia. Mereka pun turut serta dalam berbagai kegiatan budaya yang dipandu oleh Universitas Sahid.

“Ke depannya kami berharap Shinhan University dan Sahid bisa menjadi satu bagian dan bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat,” tutupnya.