Resep Tangyuan Khas Imlek

Inionline.id – Pernah mencoba kelezatan tangyuan yang termasuk makanan khas Imlek? Sekilas, tangyuan akan terlihat seperti wedang ronde dengan tekstur kenyal, isiannya yang berupa kacang, dan pastinya rasa yang menggugah selera. Kira-kira, seperti apa resep tangyuan ini?

Kuah tangyuan rasanya manis dan tidak dibuat dengan tambahan jahe seperti wedang ronde. Selain itu, tang yuan juga kerap dibuat dengan berbagai warna yang menafsirkan makna tertentu.

Resep Tangyuan Khas Imlek

Ilustrasi sajian tangyuan, makanan khas Imlek (Envato Elements)
Ilustrasi sajian tangyuan, makanan khas Imlek (Envato Elements)

Dilansir dari laman Serious Eats, berikut resep tang yuan yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan kulit

  • 180 gr tepung beras ketan
  • 2 sdm tapioka atau tepung beras
  • 230 m air hangat (40 derajat Celcius)

Bahan isi

  • 2 sdm biji wijen panggang, mete, almond, atau kacang tanah
  • 2 sdm gula
  • 2 sdm minyak kelapa

Cara membuat kue tang yuang khas Imlek

  1. Pertama, buatlah isian tang yuan dengan menghaluskan biji wijen atau kacang-kacangan lain yang Anda gunakan dengan blender atau ulekan. Haluskan kasar saja, tidak perlu sampai menjadi bubuk.
  2. Selanjutnya, siapkan panci yang sudah diisi minyak kelapa, lalu masukkan kacang yang sudah dihaluskan ke dalamnya. Simpan di kulkas atau freezer selama beberapa menit sebelum digunakan.
  3. Sementara itu, buatlah kulit dengan mencampur tepung beras dengan tepung ketan. Campur secara merata sambil menambahkan air. Aduk sampai adonan terasa lembut dan tidak lengket. Bagi adonan menjadi dua bagian.
  4. Setelah itu, siapkan papan bersih yang sudah ditaburi dengan tepung beras. Giling masing-masing adonan di atas papan dengan ketebalan 4,5 cm. Setelahnya, potong adonan dengan lebar kurang lebih 3 cm. Masing-masing adonan kurang lebih akan menjadi 15 potongan kulit.
  5. Selanjutnya, ambil satu lembar kulit lalu isi dengan kacang yang sudah dikeluarkan dari kulkas, tapi jangan sampai terlalu penuh. Bentuk menjadi bulat, lalu letakkan di atas wadah yang sudah ditaburi tepung beras. Lakukan sampai semua kulit habis.
  6. Setelah itu, rebus air menggenakan panci. Tunggu sampai mendidih, lalu masukkan bulatan tangyuan.
  7. Aduk secara perlahan supaya bola-bola tang yuan tidak menempel satu sama lain. Masak selama kurang lebih 15 menit menggunakan api kecil.
  8. Pastikan Anda tidak memasak tangyuan sampai air mendidih sebab ini bisa mengakibatkan kulitnya hancur. Cukup angkat tangyuan jika kulitnya sudah tidak transparan.
  9. Sajikan tangyuan dengan kuah manis.
  10. Tangyuan khas Imlek siap dicicipi.

Demikian informasi mengenai resep kue tangyuan khas Imlek. Kue yang juga kerap disamakan dengan mochi ini sering disajikan di Festival Lentera dan Cap Go Meh.