Pada 2027 Sebagian Besar iPhone Akan ‘Made in India’

Iptek257 views

Inionline.id – GizChina, Selasa (17/1), melaporkan Apple berkeinginan untuk mengurangi ketergantungan produksi di pabrik China. Oleh karena itu, perusahaan besutan Steve Jobs ini ingin meningkatkan kekuatan manufakturnya salah satunya di India. Sesuai laporan baru, mereka berencana untuk meningkatkan produksi iPhone-nya sekitar 50 persen berasal dari India pada 2027.

Analis dan perusahaan konsultan J.P. Morgan menyebut bahwa pada 2025 Apple akan mengalihkan hingga 25 persen produksi iPhone-nya ke India. Bahkan, sebuah laporan baru dari South China Morning Post menunjukkan bahwa itu akan meningkat menjadi 50 persen pada 2027.

Tepat dalam waktu kurang dari dua tahun, Apple akan mendorong setengah produksi iPhone ke India. Perlu diketahui, saat ini India hanya memproduksi 5 persen dari semua iPhone. Tahun ini, Apple mendorong untuk meningkatkan produksi seri iPhone 14 di India.

Perlu dicatat, selain iPhone, Apple juga menyesuaikan produksi perangkat lain dalam portofolionya. Misalnya, beberapa produk sekarang sedang diproduksi di Vietnam. Tujuannya jelas untuk mengurangi ketergantungan pada China.

Langkah tersebut tentu saja merupakan sesuatu yang berharga bagi pemerintah India. Dalam beberapa tahun terakhir, India telah menerapkan insentif kepada merek-merek global untuk memulai produksi di negara tersebut.