Menko PMK Minta Perbaikan Rest Area Tol Tangerang-Merak untuk Perisapan Arus Mudik Idulfitri

Berita157 views

Inionline.id – Muhadjir Effendy Menko PMK meminta Polri, BNPB, pengelola tol Tangerang-Merak, Pemprov Banten, hingga PT ASDP Indonesia Ferry mempersiapkan arus mudik Idulfitri 2023 pada April mendatang.

Muhadjir mengatakan tempat peristirahatan yang nyaman, kondisi jalan yang mulus, hingga rekayasa lalu lintas harus disiapkan jauh hari agar bisa dinikmati pemudik.

“Misalnya nanti ada beberapa di sini, termasuk perbaikan rest area, sehingga mereka kalau harus ngantre di pelabuhan penyeberangan dia tidak merasa kelelahan, merasa tidak nyaman, tapi mereka juga bisa menikmati rest area,” ujar Muhadjir Effendy di Pelabuhan Merak, Minggu (1/1).

Muhadjir Effendy juga menegaskan mesti ada penambahan jumlah rest area di jalan tol Tangerang-Merak yang bisa digunakan masyarakat untuk beristirahat. Selain itu, rest area juga bisa dimanfaatkan sebagai penahan laju kendaraan sebelum masuk ke areal Pelabuhan Merak.

Kemudian pendalaman dermaga di Pelabuhan Merak nantinya digunakan sebagai dermaga eksekutif kedua. Sehingga, pengangkutan masyarakat ke Pelabuhan Bakauheni bisa dipercepat.

“Juga rencana ada pendalaman salah satu dermaga untuk dikeruk, untuk nanti menambah kapasitas penumpang eksekutif,” kata Muhadjir.

“Kemudian ada satu alternatif pelabuhan yang akan difungsikan sebagai angkutan Lebaran, ada penambahan rest area di jalan tol,” lanjutnya.

Menurut Muhadjir, kondisi Pelabuhan Merak sesudah puncak perayaan malam tahun baru masih sepi dari penumpang dan kendaraan. Ia memprediksi keramaian baru terjadi besok atau lusa. Sehingga, harus dipersiapkan sejak saat ini jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan.

Meskipun sempat ada dua mobil tercebur ke laut dan pelabuhan ditutup tiga kali selama libur nataru, Muhadjir hanya menyebutnya sebagai insiden kecil.

“Mungkin mulai besok sampai lusa akan terjadi kenaikan. Tapi, secara umum sejak natal dan tahun baru, semuanya berjalan dengan baik. Ada beberapa insiden tapi insiden kecil saya kira,” jelasnya.