Mengenal 3 Jenis Suara Batin yang Dimiliki oleh Manusia

Inionline.id – Sebagian orang pastinya pernah melakukan dialog dengan diri sendiri di dalam pikiran. Misalnya saja ketika ingin membeli sesuatu, kamu biasanya akan melakukan pembicaraan internal dengan diri sendiri. Tapi tenang, itu adalah hal yang normal dan sering terjadi, kok.

Menariknya, setiap melakukan percakapan tersebut, selalu ada suara-suara yang muncul di dalam benak manusia. Nah, suara inilah yang dikenal sebagai inner voice atau suara batin. Supaya lebih paham, kenali dulu beberapa sumbernya sebagai berikut.

1. Inner Child

Suara batin yang pertama adalah inner child. Jenis ini adalah suara batin yang berasal dari ingatan atau memori saat masa kecil dulu. Biasanya, inner child difaktori oleh perlakuan yang didapatkan ketika kecil, sejumlah emosi tak tertahankan, hingga luka masa lalu.

Inner child sendiri dibagi menjadi dua macam, yaitu positif dan negatif. Contoh dari inner child positif adalah memiliki energi yang besar, mudah berdamai, mudah memaafkan kesalahan orang lain, dan sebagainya. Sementara itu, inner child negatif bisa ditandai dengan rasa kesepian dan kesendirian, selalu merasa diri tak cukup bagus, dan lain-lain.

2. Inner Adults

Inner voice kedua yang dimiliki oleh manusia adalah inner adults. Suara di dalam diri ini biasanya sesuai dengan usia kamu saat ini atau istilahnya usia kronologis. Di dalam suara ini terdapat sejumlah pembelajaran dan kemampuan yang dimiliki selama ini.

Berbeda dari jenis suara batin lainnya, inner adults ini bisa dikatakan bersifat sangat netral. Sebab, kamu bisa mengambil keputusan dan menyelesaikan sebuah permasalahan sedewasa mungkin. Selain itu, suara batin ini juga akan sebaik mungkin untuk mempertahankan versi rasional yang ada pada diri manusia.

3. Inner Parents

Terakhir, ada inner parents. Inner voice ini mungkin yang paling banyak terdengar di kepala kamu. Pasalnya, inner parents merupakan suara yang bersumber dari berbagai nasihat dan perkataan orang tua di masa lalu. Jadi, apapun hal yang dikatakan oleh orang tua, akan kamu ingat dan bisa diwujudkan melalui inner parents.

Meskipun dirimu sudah tak bersama lagi dengan orang tua, namun pesan-pesan yang disampaikan kepada kamu masih tetap terjaga di dalam kepala. Sama seperti inner child, inner adult nyatanya juga memiliki sifat yang positif dan negatif.

Demikian beberapa jenis suara batin yang dimiliki oleh manusia. Semoga informasi yang telah disampaikan ini bisa menambah pengetahuanmu dan memberikan kegunaan yang baik, ya.