Kemendikbudristek Terbitkan Buku Kurikulum Merdeka Jenjang SMP

Pendidikan157 views

Inionline.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Kurikulum dan Perbukuan menerbitkan buku teks pelajaran Kurikulum Merdeka jenjang SMP Kelas VII dan VIII. Awalnya, buku ini diterbitkan terbatas khusus bagi Sekolah Penggerak.

Buku teks pelajaran Kurikulum Merdeka dapat digunakan oleh satuan pendidikan seiring dengan diluncurkannya Kurikulum Merdeka secara luas. Buku teks pelajaran tersebut disusun berdasarkan capaian pembelajaran dan dapat digunakan sebagai buku teks utama.

Buku-buku tersebut dirilis dalam bentuk fisik maupun elektronik untuk memudahkan akses. Sehingga, buku dapat menjadi acuan bagi satuan pendidikan dalam menjalankan pembelajaran di kelas yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Dikutip dari laman Ditsmp Kemdikbud, buku fisik Kurikulum Merdeka bisa didapatkan melalui platform belanja SIPLAH. Cara mendapatkan buku ini bisa menggunakan pendanaan dari BOS Kinerja 2022, BOP Kinerja 2022, Dana Bantuan Pemerintah 2022, atau dana mandiri bagi satuan pendidikan program Sekolah Penggerak yang tidak menerima dana BOS/BOP Kinerja atau bantuan pemerintah.

Namun, perlu memperhatikan lini masa pengadaan buku fisik Kurikulum Merdeka yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek yaa. Kalian juga dapat mengunduh buku teks pelajaran Kurikulum Merdeka pada platform Sistem Informasi Perbukuan Indonesia (SIBI).

Adapun pada platform SIBI, buku teks pelajaran Kurikulum Merdeka tersedia dalam beberapa format, yaitu Buku PDF dan Buku Audio. Buku tersedia pula untuk panduan guru.

Buku teks elektronik juga tersedia dengan banyak pilihan mata pelajaran yang bisa diunduh gratis. Buku elektronik Kurikulum Merdeka tersedia untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha, Pendidikan Agama Hindu, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Agama Khonghucu, Pendidikan Agama Kristen.

Lalu, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Informatika, Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME, Matematika, Pendidikan Jasmani dan Olahraga,  Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, dan Seni Teater.

Yuk, segera unduh buku panduan guru dan buku teks pelajaran Kurikulum Merdeka pada SIBI! Selain itu, Sobat Medcom juga dapat mengakses buku elektronik Kurikulum Merdeka melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).