Inilah 4 Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Kalsium

Kesehatan157 views

Inionline.id – Kalsium adalah salah satu mineral esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Pasalnya, zat ini memiliki segudang manfaat yang penting. Mulai dari menstabilkan tekanan darah, mengatur sekresi hormon, hingga menyalurkan sinyal saraf dengan baik. Maka dari itu, kondisi kekurangan kalsium sangat wajib untuk kamu hindari.

Ketika tubuh mengalami kekurangan kalsium, maka akan terjadi masalah kesehatan yang memberikan dampak kurang baik bagi tubuh. Bahkan, hal ini bisa saja mengganggu pelaksanaan kegiatan dalam sehari-hari. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui apa saja ciri-ciri yang ada ketika tubuh kekurangan kalsium. Berikut penjelasannya.

1. Kuku Menjadi Rapuh

Kuku menjadi salah satu bagian tubuh yang paling membutuhkan kalsium untuk menjaga kesehatan dan integritasnya. Jika saja kadar mineral ini sampai kurang, maka kuku akan menjadi mudah kering dan juga bisa rusak.

Bukan hanya itu, kuku yang kekurangan kandungan kalsium pun akan menjadi rapuh. Nah, ketika hal ini sampai terjadi, maka bisa saja kuku yang kamu sayangi itu sewaktu-waktu patah saat sedang mengerjakan aktivitas ringan sekalipun.

2. Permukaan Kulit yang Kering

Tubuh yang kekurangan kalsium nyatanya juga memberikan efek buruk terhadap permukaan kulit. Diketahui bahwa kulit akan menjadi kering saat kadar mineral ini tak memiliki jumlah yang normal dalam tubuh. Gejala seperti ini biasanya diikuti dengan kondisi kulit yang bersisik dan mudah terkelupas. Tak hanya itu, minimnya kadar kalsium juga mampu menyebabkan berbagai penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis.

3. Munculnya Permasalahan Pada Gigi

Selain kuku, gigi juga menjadi bagian tubuh yang paling membutuhkan kalsium. Gigi yang sehat dan kuat umumnya didukung dengan kadar kalsium yang tercukupi. Namun apa jadinya jika seseorang menderita kekurangan kalsium?

Sederhana, gigi akan mudah rapuh dan keropos. Bahkan, di beberapa kasus, seseorang juga akan merasakan sakit gigi yang tak tertahankan, gigi menjadi kuning, dan gigi dapat membusuk. Selain itu, risiko penyakit periodontal juga bisa meningkat.

4. Tubuh Jadi Mudah Lelah

Kurangnya kalsium dalam tubuh juga akan menyebabkan insomnia alias kesulitan tidur. Jika seseorang memiliki jam tidur yang minim, maka itu juga akan berdampak pada badan pula. Misalnya saja kamu jadi merasa cepat lelah, letih, kekurangan energi, dan bahkan jadi mudah marah. Selain itu, hal ini juga akan menyulut gangguan lainnya, seperti kurang fokus, mudah lupa, dan sering kebingungan.

Itu dia beberapa tanda bahwa tubuh kamu sedang mengalami kekurangan kalsium. Untuk terhindar dari permasalahan ini, rajinlah mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium, seperti susu, sayuran hijau, keju, dan lainnya. Semua bahan-bahan ini pun sekarang bisa dibeli secara mudah lewat layanan e-commerce yang tersedia, lho. Jadi tak perlu repot-repot ke luar rumah untuk mendapatkannya.