Ini 5 Risiko yang Dialami Oleh Wanita Hamil di Atas Usia 40 Tahun

Kesehatan357 views

Inionline.id – Usia kehamilan seorang wanita bisa sangat memengaruhi sejumlah hal. Kondisi ini termasuk berpengaruh pada kesehatan bayi serta ibu yang mengandung.

Usia ibu yang terlalu muda atau terlalu tua bisa sangat memengaruhi kondisi kehamilannya. Pada wanita, usia 40 tahun bisa membuat risiko kehamilan mereka menjadi cukup ekstrem.

Sejumlah penelitian menyarankan wanita untuk hamil sebelum usia 30 tahun. Di atas usia tersebut, wanita mungkin mengalami risiko ekstrem dalam kehamilannya.

Sejumlah masalah mungkin dialami wanita ketika hamil di atas usia 40 tahun. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah risiko kesehatan yang dialami oleh wanita ketika hamil di atas usia 40 tahun.

1. Komplikasi Persalinan

Wanita yang hamil di atas usia 40 tahun dapat mengalami komplikasi persalinan, yang menyebabkan nyeri selama persalinan prematur atau persalinan caesar.

Ukuran Janin dan Tekanan Darah Tinggi

2. Ukuran Janin

Hamil di atas usia 40 tahun akan berdampak besar pada ukuran dan berat janin. Ukuran janin mungkin akan terlalu kecil atau terlalu besar, yang menyebabkan kesulitan atau komplikasi selama persalinan.

3. Tekanan Darah Tinggi

Wanita yang hamil di atas usia 40 tahun akan memiliki tekanan darah yang tidak konstan.

Diabetes dan Gangguan Bawaan

4. Diabetes Gestasional

Diabetes Gestasional adalah masalah umum yang dihadapi oleh sebagian besar wanita hamil. Dan risiko tersebut akan meningkatkan pada wanita yang hamil di atas usia 40 tahun.

5. Gangguan bawaan

Hamil di atas usia 40 tahun akan meningkatkan risiko gangguan bawaan pada bayi. Hal ini termasuk meningkatnya risiko terkena down syndrome dan autisme.

Pada wanita yang berusia mendekati atau di atas 40 tahun, pemeriksaan kesehatan secara rutin perlu dilakukan pada saat kehamilan. Hal ini penting untuk menekan risiko masalah kesehatan yang mungkin muncul.