Ini 4 Kebiasaan yang Bikin Kamu Tambah Pintar, Terapkan Mulai Sekarang

Kesehatan257 views

Inionline.id – Banyak orang yang menilai jika orang tuanya pintar, maka anaknya juga akan ikut pintar. Padahal, pernyataan ini tidak seratus persen benar. Seseorang bisa menjadi tambah pintar karena kebiasaan dan usaha yang mereka lakukan. Bisa karena rajin belajar, banyak bertanya mengenai suatu hal yang tidak diketahui, dan sebagainya.

Sebenarnya, jika memiliki komitmen untuk melakukan kebiasaan-kebiasan yang dapat mengasah kemampuan otak, maka bisa saja kepintaran kamu semakin meningkat. Nah, supaya lebih tahu apa saja hal-hal yang bikin otak tambah cerdas, baca dulu informasi berikut ini.

1. Menerapkan Kebiasaan Membaca

Semakin sering kamu membaca, maka semakin bertambah pula pengetahuan yang didapatkan. Kegiatan baik ini bisa kamu lakukan melalui banyak media, lho. Misalnya saja buku, artikel online, ataupun lewat media sosial.

Saat kamu sedang jenuh atau tak ada aktivitas lain, cobalah luangkan waktu sejenak untuk membaca sekilas apa yang memang menarik dan memberikan manfaat. Sebab, otak akan terbiasa untuk menyerap berbagai hal berharga yang telah kamu baca.

2. Mengeksplorasi Hal Baru

Kebiasaan lainnya yang bisa dilakukan agar otak bisa semakin cerdas adalah dengan mengeksplorasi hal-hal baru. Dari sesuatu tersebut, kamu bisa mengambil pelajaran dan bahkan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya itu saja, softskill dan hardskill yang dimiliki juga memiliki kemungkinan untuk semakin berkembang dan berada di level yang lebih baik. Oleh karena itu, jangan pernah lelah untuk melakukan hal baru yang bermanfaat, ya.

3. Menonton Video Edukasi

Jika memang kamu enggan untuk membaca artikel atau bacaan lainnya, maka alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan menonton video edukasi. Adanya video seperti ini tentunya akan membuat otak semakin aktif untuk mempelajari informasi yang bermanfaat. Wawasan kamu pun bisa semakin bertambah seiring banyaknya video yang ditonton.

4. Bergaul dengan Orang Cerdas

Tahukah kamu bahwa orang-orang yang ada di sekitar bisa memengaruhi pola pikir yang dipunya? Yup, adanya orang-orang yang positif dan suportif ini bisa membuat pikiran jadi tambah terbuka. Hal apa yang sebelumnya tak diketahui pun, bisa kamu tanyakan kepada mereka.

Bukan hanya itu, tetapi kamu dan mereka juga bisa saling bertukar informasi atau pendapat yang bermanfaat. Oleh karena itu, selalu pilah pilih orang untuk bergaul, ya.

Itu tadi beberapa kebiasaan yang bisa diterapkan untuk membuat otak kamu tambah pintar. Meskipun sepele, tapi tak ada ruginya untuk mencoba dulu, bukan? Selain itu, kamu bisa pula mengimbangi semua hal tersebut dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Pasalnya, dengan menyantap hidangan yang memiliki kandungan gizi seimbang, kemampuan otak bisa menjadi lebih optimal serta meningkatkan kinerja baiknya.