Golkar Menegaskan Meski Ridwan Kamil Gabung Tetap Usung Airlangga Sebagai Capres

Politik057 views

Inionline.id – Partai Golkar menegaskan tidak ada perubahan calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024. Masuknya Ridwan Kamil sebagai kader baru partai berlambang beringin tidak akan mengubah sikap partai. Golkar kokoh untuk mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto.

“Tidak ada perubahan mengenai pencapresan, tetap Pak Airlangga,” ujar Ketua DPP Golkar Dave Laksono kepada wartawan, Selasa (24/1).

Menurut Dave, Ridwan Kamil akan menjadi magnet kepada pemilih. Diharapkan elektabilitas Golkar akan meningkat jelang Pemilu 2024.

“Masuknya para tokoh tersebut salah satunya diharapkan menaikkan elektabilitas partai ke depannya,” kata Dave.

Anggota Komisi I DPR ini mengatakan, seluruh jajaran pengurus dan kader partai siap melaksanakan instruksi Airlangga untuk terus melakukan konsolidasi, meningkatkan kinerja, menjaga optimisme, soliditas dan kebersamaan, serta memastikan selalu turun ke bawah untuk mendengar dan membantu masyarakat.

“Tentunya. Itu sudah jadi kewajiban,” tegas Dave.

PPP Nilai Ridwan Kamil Berpotensi Capres

Sementara itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek mengakui nama Ridwan Kamil memang tokoh yang berpotensi untuk menjadi calon presiden. Ridwan Kamil diakui sebagai tokoh potensial yang terus dimonitor oleh Koalisi Indonesia Bersatu.

“RK kan memang salah satu tokoh yang dimonitor KIB untuk diusung di Pilpres selain tokoh-tokoh lainnya,” ujar Awiek kepada wartawan, Kamis (19/1).

PPP menghormati pilihan politik Ridwan Kamil bergabung dengan Golkar. Sebagai pengusung Ridwan Kamil di Jawa Barat, PPP tidak masalah akhirnya memutuskan ke Golkar.

“Ini hak politik RK. Karena beliau sebelumnya memang belum berpartai. Saat Pilgub diusung berpasangan dengan kader PPP yakni pak Uu,” ujar Awiek.