Dalam Mendesain Kebijakan Pendidikan Semangat Gotong Royong Mesti Disuntik

Pendidikan157 views

Inionline.id – Pengamat pendidikan Doni Koesoema meminta semangat gotong royong tak hanya sekadar jargon. Doni menyebut semangat gotong royong mesti ada dalam mendesain kebijakan dunia pendidikan di 2023.

“Saya berharap tahun ini pemerintah sungguh-sungguh mengimplementasikan spirit gotong royong itu dalam mendesain kebijakan pendidikan nasional,” kata Doni dalam siaran YouTube Pendidikan Karakter, Kamis, 5 Januari 2023.

Doni menilai pemerintah belum mengedepankan semangat gotong royong dalam mendesain Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) pada 2022. Hal itu terlihat dalam sejumlah hal, salah satunya partisipasi masyarakat.

“Kontribusi masyarakat itu masih lemah, sehingga terkesan ada elitisme dalam mendesain kebijakan pendidikan,” tutur dia.

Doni berharap ke depan pemerintah membentuk tim kerja kredibel. Dia menyebut tim dapat membantu pemerintahh memperbaiki RUU Sisdiknas.

“Dengan melibatkan pemangku kepentingan, organisasi masyarakat, pengelola pendidikan, lembaga, untuk mendesain draf ini agar lebih baik. Libatkanlah akademisi dan ahli-ahli agar transformasi kita lebih baik,” tutur dia.