Berikut ini 3 Tanda yang Ditunjukkan oleh Tubuh Berdasar Munculnya Bau Jerawat

Kesehatan757 views

Inionline.id – Tubuh kita bisa mengeluarkan berbagai bau-bauan yang berbeda dan dari berbagai bagian tubuh. Bau tak sedap ini bisa muncul berupa gas baik dari mulut atau bagian tubuh lain, bau keringat tak sedap, serta bau bersin juga.

Salah satu bau tak sedap yang mungkin muncul adalah bau jerawat tak sedap yang mungkin muncul. Bau ini bisa muncul dari nanah yang keluar ketika jerawat pecah atau meletus.

Stacy Chimento, MD, pakar kesehatan kulit dari Miami menyebut bahwa bau dari nanah jerawat ini ternyata bisa menjelaskan kondisi kesehatan kulit seseorang. Jerawat sendiri sebenarnya adalah masalah kulit yang terjadi ketika kelenjar keringat tersumbat minyak berlebih dan sel kulit mati sehingga bakteri jadi terperangkap dalam pori-pori kulit.

Proses terbentuknya jerawat ini menyebabkan respons peradangan yang berdampak terbentuknya jerawat yang mengandung nanah. Ketika jerawat dipencet, nanah bisa keluar serta menyebabkan keluarnya bau tak sedap. Munculnya bau ini bisa disebabkan oleh bakteri yang berada di kulit berminyak.

Munculnya sejumlah bau dari nanah jerawat ini sebenarnya merupakan hal yang cukup umum. Walau begitu, masalah bisa muncul ketika muncul bau jerawat tak sedap seperti berikut ini:

1. Berbau Seperti Keju

Jika kamu memiliki jerawat dengan bau seperti keju, hal ini bisa disebabkan oleh kista epidermoid, sebuah benjolan non-kanker di bawah kulit.

“Kulit terbuat dari lapisan tipis sel yang keluar dari tubuh,” terang dr. Chimento.

“Kista epidermoid terbentuk ketika sel ini bergerak lebih dalam ke kulit dan berlipat serta bukan mengelupas,” sambungnya.

Kista ini biasanya terbentuk karena cedera atau iritasi dan memiliki konsistensi serupa keju dengan warna kuning dan kental. Pada kondisi tertentu, cairan yang keluar bisa semakin kental dan menyerupai keju.

Cara Mengatasinya: Kista epidermoid biasanya tidak berbahaya dan tidak sakit, bisa terinfeksi dan mengalami inlamasi bahkan pada kasus tertentu bisa menjadi kanker kulit. Ketika kista ini berwarna merah, bengkak, dan menjadi lebih lembut, sebaiknya temui pakar kesehatan kulit untuk menanganinya.

2. Berbau seperti Telur Busuk

Nanah dengan bau serupa telur busuk atau belerang bisa menjadi tanda adanya jerawat conglobata sebuah bentuk langka jerawat nodulokistik yang muncul ketika kista dalam ukuran besar dan menyakitkan melekat dalam kulit. Jerawat conglibata merupakan kondisi kulit serius yang bisa menyebabkan noda luka.

Tanda pertama dari jerawat conglobata ini adalah munculnya inflamasi kulit. Benjolan yang muncul ini berisi nanah yang berbau tak sedap serupa telur busuk.

Cara Mengatasinya: Untuk mengatasi jerawat yang parah ini, segera hubungi dokter kulit. Dokter mungkin meresepkan retinoid, steroid, atau antibiotik untuk membantu mengatasi gejala.

3. Berbau seperti Bawang

Munculnya jerawat berbau bawang juga bisa terjadi akibat bakteri yang muncul. Nanah pada jerawat sebenarnya merupakan sel darah putih yang telah mati dan merupakan tempat bekembangnya bakteri.

Bakteri ini biasanya bersifat anaerobik yang berarti mereka tidak membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Pada saat bertumbuh, bau bawang ini terus muncul dan berkembang.

Cara Mengatasinya: Kondisi ini bisa cukup umum dialami oleh seseorang. Walau begitu ketika permasalahan ini terus terjadi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kulit.