Untuk Bansos 2023 Sri Mulyani Siap Gelontorkan Rp470 T

Ekonomi057 views

Inionline.id – Untuk anggaran bantuan sosial (bansos) pada 2023 Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani siap menggelontorkan Rp470 triliun.

Ani menjelaskan bahwa anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) menjadi shock absorber Indonesia menghadapi gejolak ekonomi dan ketidakpastian global.

“Tahun ini kami membelanjakan untuk subsidi kompensasi di atas Rp500 triliun, tahun depan bansos kami mencapai Rp470 triliun. Itu untuk menjaga daya beli masyarakat dan memberikan jaring pengaman sosial, terutama kepada kelompok yang rentan,” katanya dalam Outlook Perekonomian Indonesia 2023, Rabu (21/12).

Ani menegaskan strategi fiskal yang bakal dilakukan Indonesia ke depan adalah menjaga dan terus memperbaiki fundamental sumber pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

Ia menyoroti beberapa aspek di dalam negeri yang bisa dipengaruhi, yakni konsumsi, investasi, peraturan, hingga insentif yang bisa meningkatkan level kompetitif ekspor Indonesia.

Di lain sisi, Ani mengatakan perlu untuk memperhatikan kemampuan menarik investor dan bagaimana pengeluaran belanja pemerintah yang lebih produktif.

“Bapak Presiden beliau hari ini menyampaikan sangat spesifik, belanja pemerintah yang kualitasnya masih harus diperbaiki. Ada yang beli alat ternyata gak dipakai, itu observasi dari seorang Presiden yang tahu betul apa yang terjadi. Jadi bukan hanya besarnya belanja, tapi kualitas belanja beliau sangat tekankan,” jelasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan banyak aset negara dalam berbagai bentuk yang menganggur. Banyak gedung yang dibangun pemerintah, tetapi tidak dipakai dan disewakan.

Menurutnya, banyak kementerian, lembaga, hingga BUMN membeli barang atau peralatan yang kemudian tidak dioperasionalkan dan malah ditumpuk di gudang.

“Dipikir saya tidak tahu, tahu. Ini harus dihentikan. Ini tidak produktif. Hal ini yang menyebabkan kita tidak produktif,” tegas Jokowi dalam acara yang sama.