Saat Natal, Muhadjir Sebut Kapasitas Gereja Boleh 100 Persen

Berita157 views

Inionline.id – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan gereja boleh menggunakan 100 persen kapasitas pada perayaan natal tahun ini.

“Untuk kegiatan keagamaan tidak dibatasi jumlahnya, jadi 100% boleh digunakan, tidak ada pengurangan,” kata Muhadjir di Rayz UMM Hotel, Malang, Jawa Timur, Jumat (16/12) malam, seperti dikutip dari Detik.com.

Kebijakan ini berbeda dari tahun sebelumnya yang belum 100 persen untuk mengantisipasi pandemi Covid-19. Muhadjir mengatakan pelonggaran ini bisa diberlakukan karena kurva pandemi sudah melandai, meski belum sepenuhnya selesai.

“Kan sudah landai sekali, angka kematiannya rendah sekali, kemudian okupansi rumah sakit juga rendah, sehingga kita percaya diri lah untuk perayaan Natal dan Tahun Baru 2022-2023 ini akan kita lakukan semeriah mungkin,” kata Muhadjir.

Namun Muhadjir menegaskan bahwa gereja tidak dianjurkan untuk menambah kapasitas yang biasanya dilakukan di tahun-tahun sebelum Covid-19 muncul.

“Tidak perlu menambah kapasitas, misalnya menambah tenda. Jadi diupayakan ya gedung yang ada itu digunakan semaksimal mungkin,” kata Muhadjir.

44 Juta Pengendara

Pelonggaran juga diperkirakan akan meningkatkan mobilitas pada liburan natal dan tahun baru kali ini.

“Berdasarkan data dari Kemenhub akan ada peningkatan 44 juta yang akan melaksanakan mobilitas,” ujar Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers, Jumat (16/12).

“Tentunya masyarakat yang bekerja libur dan juga tentunya ada kegiatan perayaan ibadah di tanggal 25 baik malam kemudian siang dan di acara tutup tahun yang biasanya juga seluruh rangkaian kegiatan menjadi satu,” jelasnya.

Polisi telah menyiapkan pelbagai pengamanan libur Nataru tersebut. Total ada kurang lebih sekitar 116.600 personel yang akan dikerahkan dalam rangka melakukan Pengamanan Operasi Lilin.