Majelis BKOMS Al Azhar BSD Adakan Bakti Sosial di Kampung Pemulung Ciputat

Inionline.id, Tangsel – Majelis Badan Kerjasama Orang Tua Murid dan Sekolah (BKOMS) Sekolah Islam (SI) Al Azhar Bumi Serpong Damai (BSD) yang diketuai oleh Rani Ridayanthi, SH, MH, mengadakan “Bakti Sosial” terhadap 184 Kelurga di Kampung Pemulung Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Terselenggaranya kegiatan ini, berkat kerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tangsel, dan disponsori oleh Rumah Sakit (RS) Sari Asih Ciputat.

Pada Bakti Sosial kali ini, Majelis BKOMS SI Al Azhar BSD mengadakan beberapa kegiatan, diantaranya pengobatan gratis, sunatan massal, pembagian sembako, alat sekolah, dan mainan layak pakai.

“Rencana diawal, pengobatan gratis untuk 150 keluarga, tapi kenyataannya lebih dari itu. Untungnya kami menyiapkan 200 sembako, jadi kami tidak khawatir kekurangan jika melebihi target yang sudah kami rencanakan,” ujar Ridha Salamah, Bidang Umum Majellis BKOMS SI Al Azhar BSD, Sabtu (3/12/22).

Sementara, Bidang Sosial Majelis BKOMS SI Al Azhar BSD, Ariana Puspita mengungkapkan bahwa sebelum menlakukan bakti sosial di Kampung Pemulung Ciputat ini, pihaknya mengadakan survei terlebih dahulu ke pembina Kampung Pemulung.

Dari hasil survei, didapati kebutuhan dari Kampung Pemulung Ciputat ini adalah balai warga dan pengecekan kesehatan.

“Dua minggu sebelum acara hari ini dimulai, kami telah membuat balai pertemuan dan balai belajar yang lebih besar dari sebelumnya,” ungkapnya.

“Kalau hari ini ada pembagian sembako dan pengobatan gratis yang diikuti oleh 184 warga, kamudian sunnatan massal diikuti oleh 5 anak,” tambahnya.

Ariana berpesan, kepada keluarga Kampung Pemulung Ciputat, senantiasa bisa menjaga kesehatannya dan menggunakan balai warga untuk kepentingan sosial.

“Mudah-mudahan, bantuan kami bisa bermanfaat bagi keluarga yang ada di Kampung Pemulung Ciputat,” tandasanya.

Perlu diketahui, Bakti Sosial yang diadakan hari ini adalah salah satu rangkaian Al Azhar Festival (Alfest) 2022.

Dilain sisi, Ketua IDI Tangsel, Dr. Fajar Siddiq mengucapkan rasa syukurnya bisa kembali mengabdi kepada masyarakat.

Fajar mengatakan bahwa kerjasama pihaknya dengan Majelis BKOMS SI Al-alzhar BSD ini merupakan pertama kalinya.

Sebab itu, Fajar berharap akan ada sinergitas yang berkelanjutan.

“Insyaallah, mudah-mudahan kerjasama dengan Majelis BKOMS Al-alzhar ini akan berlangsung kontinue, untuk kegiatan-kegiatan berikutnya ke depan,” ujar Fajar, Dokter yang berpraktik di rumah sakit (RS) Bhineka Bakti Husada

Fajar menyatakan bahwa IDI Tangsel memiliki banyak program bersifat pelayanan kepada masyarakat.

Fajar juga mengungkapkan, IDI Tangsel sendiri memang memiliki program kerja selama tiga tahun kepengurusan itu khusus untuk bakti sosial.

“Makanya, kita membuka kepada semua stakeholder untuk sama-sama bekerja,”

Lebi lanjut, Fajar mengajak seluruh stakeholder untuk bersinergi dengan IDI Tangsel, dalam melayani masyarakat secara nyata.

‘Agar IDI Tangsel ini keberadaannya dapat dirasakan bukan hanya kepada dokter sebagai anggotanya, tetapi juga kepada masyarakat juga,” pungkasnya.