Ini 4 Wisata Seru di Solo, Paling Hits dan Banyak Dikunjungi Wisatawan

Inionline.id – Solo menyimpan berbagai wisata seru yang sayang untuk dilewatkan. Setidaknya ada 4 wisata seru di Solo yang paling hits dan banyak dikunjungi oleh wisatawan apabila berkunjung ke kota yang ada di provinsi Jawa Tengah ini.

Solo adalah salah satu kota wisata yang ada di Jawa Tengah. Kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata ini terkenal baik oleh warga Solo atau wisatawan.

1. Taman Sriwedari

Diawali oleh Taman Sriwedari. Taman ini sudah ada sejak lama, dan sering dijadikan sebagai tempat untuk menggelar berbagai kegiatan kebudayaan. Mulai dari wayang orang, aneka pertunjukan tari tradisional, diskusi kebudayaan dan lain sebagainya.

Kemudian Taman Sriwedari juga teduh, sehingga bisa dikunjungi pagi, siang, sore atau malam hari. Tidak ketinggalan terdapat berbagai spot-spot foto yang Instagramable, yang bisa menjadi inspirasi untuk membuat foto-foto keren. Lokasinya ada di Laweyan, Kota Solo.

2. Taman Balekambang

Taman Balekambang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Solo. Taman ini memiliki luas 10 hektare dan dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tahun 1921. Taman Balekambang terdiri dari 2 bagian. Pertama Partinah Bosch yang merupakan rumah bagi berbagai tanaman langka.

Kedua ada Partini Tuin yang berisi taman serta kolam lengkap dengan perahu-perahu hias. Kamu tinggal pilih apakah ingin berwisata sambil melihat berbagai tanaman langka atau ingin naik perahu hias mengarungi kolam.

3. Kampung Batik Kauman

Bagi kamu pecinta batik tidak lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi Kampung Batik Kauman. Wisata di Solo yang paling hits ini menawarkan berbagai jenis batik dengan banyak motif. Jadi silakan pilih batik yang paling menarik menurut selera kamu.

Sesuai namanya berburu batik di Kauman akan membawa kamu menyusuri jalanan kampung, serta mengunjungi rumah-rumah warga yang menjajakan batik. Harga batik di Kampung Batik Kauman bervariasi sesuai dengan bahan dan tingkat kesulitan motif. Lokasi wisata ini ada di Jalan Cakra Kauman Solo.

4. Benteng Vastenburg

Terakhir ada Benteng Vastenburg. Benteng ini merupakan peninggalan kolonial Belanda sejak tahun 1800-an. Pada zaman dahulu benteng ini merupakan tempat logistik, untuk mendukung tentara Belanda.

Kemudian setelah Indonesia merdeka, benteng vastenburg diubah menjadi lokasi wisata karena menyimpan sejarah yang panjang sekaligus benteng ini memiliki nuansa yang estetik sehingga menjadi spot foto yang menarik. Lokasi ada di  Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo.

Oke, itu tadi informasi mengenai 4 wisata di Kota Solo. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin berwisata di tempat ini.