Ini 4 Tanda yang Bisa Muncul ketika Kamu Memerlukan Behel pada Gigi

Kesehatan557 views

Inionline.id – Salah satu alat perawatan kesehatan yang banyak digunakan oleh anak muda adalah behel. Penggunaan behel ini kadang tak hanya dimasudkan untuk kesehatan saja namun juga untuk penampilan.

Banyak remaja yang ingin menggunakan behel, bahkan mengorbankan gigi mereka demi menggunakan behel palsu. Tentu saja penggunaan behel palsu atau pemasangan secara sembarangan ini bukannya membuat gigi menjadi rapi namun malah bisa menyebabkan masalah lebih lanjut pada gigi dan mulut.

Penggunaan behel ini tak bisa sembarangan dan hanya bisa digunakan pada mereka yang mengalami masalah tertentu. Dilansir dari Bustle, Eric Sorkow, ortodontis mengungkap bahwa terdapat sejumlah tanda yang bisa tampak ketika seseorang membutuhkan behel.

Behel memiliki cara kerja yang mengubah bentuk gigi seiring waktu dan tidak bisa tergesa-gesa. Cara terbaik mengetahui apakan kamu membutuhkan behel atau tidak adalah dengan sering berkonsultasi ke dokter gigi terutama ortodontis.

Terdapat sejumlah tanda umum yang bisa muncul ketika kamu memang benar-benar butuh menggunakan behel. Dilansir dari Bustle, berikut sejumlah tanda yang tampak ketika seseorang memerlukan berhel.

Posisi dan Jarak Gigi

1. Gigi Berkumpul di Satu Bagian Tertentu

Jika posisi gigi terlalu rapat di satu bagian tertentu misal pada bagian depan, itu tandanya kamu butuh menggunakan behel. Kondisi gigi yang hanya berkumpul di satu bagian saja bisa membuatnya jadi sulit dibersihkan.

“Jika kamu memiliki noda membandel di sekitar gigi yang terlalu padat, hal ini bisa sulit dibersihkan menggunakan floss dan sikat gigi seperti seharusnya,” terang Sorkow.

Kondisi gigi seperti ini bisa meningkatkan risiko masalah gigi di masa mendatang termasuk munculnya plak dan terjadinya gingivitis.

2. Jarak antar Gigi yang Bermasalah

Hampir semua orang mengalami masalah berupa sisa makanan yang menempel dan sulit hilang dari gigi. Namun ketika hal ini terlalu sering terjadi, hal ini bisa menjadi tanda bahwa terdapat permasalahan pada cara gigi tumbuh dan jarak yang muncul.

Kondisi ini bisa menyebabkan lebih banyak plak dan bakteri yang muncul di gigi. Hal ini juga memicu lebih banyaknya karang gigi yang muncul serta semakin sering sisa makanan terselip di gigi.

Resesi Gusi dan Masalah saat Mengunyah

3. Resesi Gusi

Pada mereka yang perlu dibehel, salah satu tanda yang biasanya muncul adalah resesi pada gusi. Pergerakan gigi seiring bertambahnya usia bisa menyebabkan munculnya masalah terutama pada bagian mulut yang mengalami banyak tekanan.

Resesi gusi bisa disebabkan karena tarikan gigi yang terlalu kuat atau karena penyakit gusi akibat penumpukan bakteri di antara gigi. Kedua hal ini bisa jadi indikasi bahwa kamu membutuhkan behel.

4. Masalah saat Menggigit dan Mengunyah

Kondisi gigi yang tak rata antara bagian atas dan bawah bisa jadi tanda mbahwa kamu membutuhkan behel.

“Kamu mungkin mengalami mengunyah berkali-kali atau menyadari lapisan gigi yang semakin menipis,” terangnya.

Untuk mengunyah makanan dengan tepat, bagian bawah dan atas gigi perlu bergerak dalam harmoni untuk mencegah terjadinya masalah. Ketika gigi atas dan bawah tidak rata, kamu mungkin mengalami masalah saat menggigit dan mengunyah.